counter

BUMN Hadir

23 peserta SMN Babel dibekali materi kebudayaan

23 peserta SMN Babel dibekali materi kebudayaan

Pelajar siswa mengenal Nusantara 2019 asal Bangka Belitung dibekali kebudayaan dan tradisi masyarakat Babel di Pangkalpinang, Rabu (Babel.antaranews.com/ Aprionis)

Kegiatan ini tidak hanya memperkaya pengetahuan generasi penerus bangsa, tetapi juga dapat meningkatkan pembangunan pariwisata dan kunjungan wisatawan
Pangkalpinang (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membekali 23 peserta Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) BUMN Hadir Untuk Negeri 2019 berupa materi kebudayaan Babel untuk diperkenalkan kepada masyarakat Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Kita berharap para siswa ini memperkenalkan kebudayaan masyarakat Bangka Belitung di Kendari," kata Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Provinsi Kepulauan Babel Engkus di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan kebudayaan dan tradisi masyarakat Bangka Belitung cukup beragam, antara lain berupa seni tari, musik, tradisi masyarakat menyambut hari besar keagamaan, serta panen padi hingga ikan.

Ia mencontohkan seni musik dambus merupakan kesenian masyarakat khas Bangka Belitung yang digelar setiap acara kebesaran dan tradisi berpantun.

Selain itu, katanya, tradisi nganggung merupakan kebiasaan masyarakat makan bersama menggunakan tujung saji dalam menyambut hari besar keagamaan atau tamu agung di suatu daerah di Pulau Bangka dan Belitung, tradisi buang jong, perang ketupat, dan tradisi masyarakat pesisir lainnya dalam menolak bala dan sebagai ungkapan puji syukur masyarakat kepada Allah yang telah melimpahkan tangkapan ikan dan hasil laut lainnya.

"Tradisi ini dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Bangka Belitung dari berbagai suku, etnis, dan budaya," ujarnya.

Menurut dia, Program SMN BUMN Hadir Untuk Negeri membantu pemerintah daerah dalam memperkenalkan kebudayaan dan tradisi maayarakat setempat ke tingkat nasional hingga internasional.

"Kegiatan ini tidak hanya memperkaya pengetahuan generasi penerus bangsa, tetapi juga dapat meningkatkan pembangunan pariwisata dan kunjungan wisatawan ke 'Provinsi Serumpun Sebalai' ini," katanya. 

Baca juga: Suplemen peserta SMN 2019 Babel disiapkan Kimia Farma
Baca juga: Dindik Babel minta pelajar SMN promosikan pariwisata
Baca juga: 23 Peserta SMN Babel Siap Dikirim ke Kendari

Siswa Gorontalo belajar pembuatan kereta di PT INKA

Pewarta: Aprionis
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar