counter

Karnaval kendaraan hias menghibur warga Kota Timika

Karnaval kendaraan hias menghibur warga Kota Timika

Pejabat Sementara Sekretaris Daerah Mimika Marthen Paiding melepas kegiatan karnaval kendaraan hias dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Timika, Rabu (14/8). (ANTARA News Papua/Evarianus Supar)

Timika (ANTARA) - Kegiatan karnaval kendaraan hias mengelilingi Kota Timika yang  dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Rabu siang, benar-benar menjadi tontonan menarik sekaligus menghibur warga setempat.

Kegiatan tersebut dilepas oleh Pejabat Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika Marthen Paiding bertempat di Lapangan Upacara Kantor Pusat Pemerintahan di Kelurahan Karang Senang SP3, Distrik Kuala Kencana.

Marthen Paiding mengatakan antusiasme peserta mengikuti kegiatan karnaval kendaraan hias tersebut sangat tinggi.

Sesuai data panitia, kegiatan tersebut diikuti 80 peserta dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah/OPD setempat, komunitas paguyuban suku-suku, instansi TNI dan Polri, BUMN dan kalangan swasta setempat.

Adapun kendaraan yang terlibat sebanyak 156 unit. Para peserta berlomba-lomba menampilkan desain terbaik kendaraannya, ada yang menyerupai rumah adat lengkap dengan busana adat Nusantaranya, ada yang menyerupai kapal, ada juga yang dipenuhi dengan aneka buah-buahan dan kerajinan tangan pelaku usaha ekonomi kreatif.

"Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua peserta yang sudah mengambil bagian dalam kegiatan karnaval kendaraan hias ini sebagai bentuk kebersamaan dan kepedulian semua komponen masyarakat Kabupaten Mimika dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI tahun ini," kata Marthen.

Kegiatan karnaval kendaraan hias tersebut, katanya, menjadi hiburan bagi warga Kota Timika dan diharapkan kegiatan serupa akan terus dilakukan setiap menjelang perayaan HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Mimika agar warga masyarakat juga ikut menikmati sukacita merayakan hari kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia.
Salah satu peserta karnaval kendaraan hias Kabupaten Mimika 2019 menampilkan rumah adat Suku Kamoro 'Kapiri Kame' di wilayah pesisir Mimika, Rabu (14/8). (ANTARA News Papua/Evarianus Supar)


Karnaval kendaraan hias tersebut menempuh rute mulai dari halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika di Kelurahan Karang Senang SP3, Distrik Kuala Kencana, lalu menyusuri Jalan Cenderawasih hingga depan Gereja Katedral Tiga Raja Timika, Jalan Yos Sudarso, Jalan Hasanuddin, Jalan Budi Utomo dan berakhir di Tugu Perdamaian Timika Indah.

Di sepanjang jalan yang dilalui peserta, warga Kota Timika tampak berjubel menyaksikan aneka atraksi yang ditampilkan oleh peserta karnaval kendaraan hias.

Baca juga: Pemkot Kendari gelar karnaval juang
Baca juga: Seratusan peserta meriahkan Karnaval Nusantara di Timika
Baca juga: Dinas Pariwisata matangkan persiapan Karnaval Karawo

 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar