beberapa nazir dan yayasan turut mendukung BWI dalam mendukung spirit berwakaf di kalangan milenial dan pemerintah
Jakarta (ANTARA) - Komisioner Badan Wakaf Indonesia Imam Nur Azis mendorong penguatan pengelolaan wakaf lewat konsorsium yang terdiri dari unsur lintas sektor.

Imam kepada wartawan di Jakarta, Rabu, mengapresiasi setiap kegiatan yang menguatkan pengumpulan dan pengelolaan wakaf produktif.

"Pada awal Agustus 2019 ditandatangani piagam deklarasi Konsorsium Indonesia Berwakaf dan dibentuklah tim khusus untuk mengelola sistem dan pola gerakan tersebut agar bisa lebih fokus dan rapi dalam menjalankan agenda-agenda ke depan," kata dia.

Konsorsium wakaf yaitu gabungan lembaga-lembaga wakaf untuk mengerjakan proyek bersama demi besarnya gerakan Indonesia Berwakaf untuk masyarakat lebih bermartabat.

Sejumlah unsur turut bergabung mendukung Konsorsium Indonesia Berwakaf di antaranya Yayasan Biman, STEI SEBI, Badan Wakaf Indonesia, Zakat Sukses, Fusi Foundation, YAKESMA, Yayasan AlFikri Riau, Persaudaraan Salimah, Akrom Foundation dan lembaga lainnya.

"Tentunya konsorsium ini bersifat terbuka. Beberapa nazir dan yayasan turut mendukung BWI dalam mendukung spirit berwakaf di kalangan milenial dan pemerintah melalui tema Indonesia Berwakaf," katanya.

Dia mengatakan wakaf tidak hanya untuk masjid, madrasah dan makam (3M) tetapi juga wakaf tunai yang akan menjadi produktif dan terus tumbuh menjadi amal jariyah.

Imam mengatakan terdapat contoh gerakan wakaf produktif dengan menggabungkan wakaf dan entrepreneur (wakafprenuer)  seperti yang ada di Thailand. "Praktik sukses itu dapat diadopsi di Indonesia," katanya.

Baca juga: BNI Sekuritas dan Global Wakaf ACT luncurkan layanan wakaf saham
Baca juga: Wakafpreneur: Indonesia-Thailand berbagi pengalaman kelola wakaf
Baca juga: Global Wakaf-ACT buatkan sumur untuk warga di Aceh Timur

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019