counter

PTPN IV bekali siswa SMN 2019 pengetahuan jurnalistik

PTPN IV bekali siswa SMN 2019 pengetahuan jurnalistik

Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Sumatera Utara (Sumut) palatihan ilmu pengetahuan jurnalistik.  (Antara Sumut/Irsan Mulyadi)

Medan (ANTARA) - PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) membekali anak didik peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Sumatera Utara (Sumut) dengan palatihan ilmu pengetahuan jurnalistik.

Adapun pelatihan tersebut berupa menulis Kaidah Jurnalistik, Fotografi Jurnalistik dan Videografi Jurnalistik.

Dalam hal ini dibimbing oleh Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional (Perum LKBN) ANTARA Biro Sumatera Utara (Sumut).

Pemaparan mengenai pengetahuan 'Kaidah Jurnalistik' disampaikan oleh pewarta senior LKBN Antara Biro Sumut Evalisa Siregar.

Eva menjelaskan bagaimana pentingnya kode etik dalam kaidah jurnalistik baik itu dalam kehidupan sehari-hari maupun pada proses pembuatan berita.

Untuk pemaparan mengenai pengetahuan 'Fotografi Jurnalistik' disampaikan oleh pewarta foto LKBN Antara Biro Sumut Irsan Mulyadi.

"Foto yang menarik bukan dihasilkan dari mahal atau canggihnya gawai, melainkan rasa dan dari hati si fotografer. Gawai mahal hanya untuk memudahkan fotografer mendapatkan kualitas bagus namun rasa dan sudut pandang yang terpenting" jelas Irsan.

Sedangkan untuk 'Videografi Jurnalistik' disampaikan oleh pewarta senior LKBN ANTARA Biro Sumut Donny Aditra.

"Ketika ingin buat vlog (video blog), seorang perekam harus memahami camera movement (pergerakan kamera), sehingga menghasilkan video yang enak ditonton." jelas Donny.

Setelah mendapat penjelasan mengenai jurnalistik, para peserta SMN 2019 asal Sumut diminta langsung mempraktikkannya

Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan program rutin yang digelar setiap tahun oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan untuk tahun 2019 di Sumut bertindak sebagai penyelenggara adalah PTPN IV selaku koordinator berserta, Perum Jasa Tirta I, dan PT. KIM.

Program SMN tahun ini dari Sumatera Utara sebanyak 35 siswa yang terpilih setelah melewati seleksi yang digelar dinas pendidikan setempat.
Baca juga: Peserta SMN 2019 dapatkan pelatihan jurnalistik dari ANTARA
Baca juga: Peserta SMN dapat pelatihan jurnalistik tangkal hoaks
Baca juga: 23 Peserta SMN Maluku dibekali pelatihan jurnalistik dan vlog

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Offroad salurkan bakat muda dan potensi wisata industri

Komentar