counter

Lantamal-Taman Nasional Bunaken bersih-bersih pantai

Lantamal-Taman Nasional Bunaken bersih-bersih pantai

Peserta bersih-bersih pantai yang dilaksanakan Lantamal VIII dan Taman Nasional Bunaken, Rabu (14/8/2019. (ANTARA/Jorie MR Darondo)

Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado bersama Taman Nasional Bunaken menggelar bersih-bersih pantai dalam HUT ke-74 Kemerdekaan RI dan dalam rangka Hari Pramuka.

Kadispen Lantamal VIII Mayor Laut (KH) M Samuel Pontoh, di Manado, Rabu, mengatakan, kegeiatan bakti sosial itu dilaksanakan di Desa Alungbanua Kecamatan Kepulauan Bunaken, Manado.

"Pada kegiatan itu Lantamal melibatkan sekitar 25 personel dari militer dan Pegawai Negeri Sipil serta perwakilan Jalasenasti Korcab VIII DJA II," katanya.

Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Farianna Prabandari mengatakan kerusakan ekowisata laut banyak disebabkan oleh limbah sampah plastik.

"Oleh karena itu diperlukan kesadaran dan keterlibatan semua pihak untuk menjaga kebersihan laut," katanya.

Selain dari Lantamal, kegiatan itu juga diikuti personel Kepolisian Sektor Kepulauan Bunaken, Koramil 1309/01 Tuminting, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulut dan Kota Manado, Pemerintah setempat, perkumpulan selam, pramuka dan warga masyarakat.

Semua yang terlibat itu melakukan penyisiran di sepanjang pantai untuk membersihkan sampah plastik dan botol-botol minuman yang berserakan.

Kegiatan bersih-bersih sampah juga dilaksanakan di dalam air dengan melibatkan para penyelam dari dive center dan resort di daerah itu.

Baca juga: Dinas Lingkungan Hidup aksi bersih Pantai Gunungsitoli
Baca juga: 23,5 ton sampah dihasilkan dari aksi bersih massal di Surabaya
Baca juga: Pantai Pasir Panjang dibersihkan ribuan warga Kupang


 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar