Jakarta (ANTARA) - Facebook banyak dikecam karena telah mentranskrip audio percakapan pengguna di Facebook Messenger demi menguji kerja teknologi kecerdasan buatan (Artifical Intelligence/AI) di laman jejering sosial terpopuler dunia itu.

Sebagian orang kadang memilih mengobrol dengan teman dekat di Facebook Messenger ketimbang WhatsApp yang sering diinspeksi istri atau suami. Tapi apakah percakapan di Facebook Messenger aman? Ternyata tidak juga.

Bloomberg belum lama lalu melaporkan bahwa Facebook telah menstranskrip percakapan audio pengguna Facebook Messenger dengan mempekerjakan ratusan tenaga kontrak untuk mengerjakan hal itu.

Facebook Messenger memang menyediakan fitur voice to text yang mengonversi pesan suara pengguna menjadi tulisan dalam obrolan di aplikasi.

Tidak hanya Facebook yang dituding melanggar privasi pengguna, Apple juga dengan Siri-nya dan Google melalui Google Assistant, bahkan Microsoft juga mendengarkan percakapan pengguna Skype, termasuk percakapan vulgar.

Untuk menghindari suara percakapan Anda ditranskrip dan diketahui Facebook, berikut cara menonaktifkan fitur voice to text di Facebook Messenger, mengutip Today, Kamis:

Pilih "tidak" (no) ketika muncul pertanyaan yang menanyakan apakah Anda ingin mengaktifkan suara ke teks untuk obrolan.

Cegah aplikasi Facebook mengakses mikrofon di ponsel Anda. Untuk iPhone, buka Pengaturan (Settings), lalu ketuk aplikasi Facebook dan matikan akses mikrofon.

Di ponsel Android, buka Pengaturan, lalu "Aplikasi dan pemberitahuan" (Apps & notifications) lalu pilih aplikasi Facebook, ketuk Izin (Permission), lalu mikrofon, lalu tekan "Tolak" (Deny).

Gunakan opsi "percakapan rahasia" (secret conversation) di Facebook, yang dienkripsi di kedua ujungnya dan tidak mungkin dituliskan dengan pesan suara.

Baca juga: Hati-hati, Facebook mentranskrip percakapan Anda

Baca juga: Peneliti temukan tiga kelemahan besar WhatsApp

Baca juga: Facebook siapkan tab khusus berita dari media yang bermitra

Penerjemah: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019