SMN ciptakan siswa berkarakter

SMN ciptakan siswa berkarakter

Direktur SDM PT Timah Tbk, M Rizki (kanan) menyerahkan cindramata kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M Soleh saat pembukaan Siswa Mengenal Nusantara 2019 di Pangkalpinang, Kamis (Babel.antaranews.com/Aprionis)

Para siswa peserta Sekolah Mengenal Nusantara ini dibekali pendidikan bela negara, cinta Tanah Air, kebudayaan, seni budaya dan tradisi masyarakat Nusantara ini.
Pangkalpinang (ANTARA) - Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang dimotori badan usaha milik negara (BUMN) dinilai dapat menciptakan peserta didik berkarakter yang cinta Tanah Air Indonesia.

"Program SMN ini sangat baik dan efektif untuk menjadikan siswa berkarakter," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) M Soleh di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan para siswa peserta program SMN ini dibekali pendidikan bela negara, cinta Tanah Air, kebudayaan, seni budaya dan tradisi masyarakat Nusantara ini.

Selain itu, para peserta ini juga langsung mempelajari budaya dan kebiasaan masyarakat di daerah tujuan program Siswa Mengenal Nusantara BUMN Hadir Untuk Negeri ini.

Baca juga: Gubernur Sumut apresiasi program Siswa Mengenal Nusantara BUMN

"Para siswa ini akan mempelajari keberagaman tentang kayanya nusantara ini, sehingga mempercepat perkembangan karakter siswa," ujarnya.

Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk Abdullah Umar mengatakan pelajar terpilih merupakan siswa berprestasi dari berbagai sekolah di Babel yang diseleksi oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepri dari tingkat sekolah hingga provinsi.

"Mereka akan berada di Sulawesi Tenggara pada 15-25 Agustus 2019 untuk mengenal budaya setempat dan memperkenalkan budaya Babel. Mereka akan mengikuti serangkaian acara mengenal budaya dan berinterasi dengan sesama pelajar di sana," katanya.

Menurut dia PT Timah Tbk bersama PT Surveyor Indonesia (SI) dan LKBN Antara, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Babel telah memberikan pembekalan kepada mereka pada 12-14 Agustus 2019 di Pangkalpinang.

Baca juga: Teras Narang: SMN tingkatkan wawasan generasi muda terhadap NKRI

Pembekalan berisi pengetahuan tentang pariwasata, seni dan budaya Bangka Belitung, dengan ujuan agar para siswa terpilih juga bisa menjadi duta bagi Babel.

"Harapan kami para peserta program SMN akan memiliki pemahaman yang luas serta sebagai generasi muda memiliki rasa cinta terhadap budaya Indonesia," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Siswa SMN Sultra sekolah di SD Muhamadiyah Gantong

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar