Pangkalpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan bersama Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana meresmikan Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara (UPT BKN) Kota Pangkalpinang.

"UPT BKN ini didirikan sebagai perpanjangan tangan Kantor Regional BKN untuk memfasilitasi percepatan pencapaian Program mewujudkan SDM Indonesia yang unggul," kata Kepala BKN, Bima Haria Wibisana di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan UPT BKN Pangkalpinang merupakan UPT ke-18 dari keseluruhan UPT di Indonesia yang dilengkapi Station Computer Assisten Tes BKN dengan dilengkapi 55 unit Komputer.

"Pembangunan ini Kantor UPT BKN ini dapat terwujud atas perjanjian kerja sama pinjam pakai antara Pemerintah Kota Pangkalpinang dengan BKN pada 28 Februari 2019 dengan masa perjanjian pinjam pakai selam 5 tahun," katanya.

Baca juga: BKN siapkan ASN berkualitas di Pangkalpinang

Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman mengatakan kehadiran Kantor UPT BKN merupakan terobosan pelayanan bagi ASN, sehingga memudahkan pelayanan dalam rangka mengurus masalah kepegawaiannya.

"Kalau harus pergi ke kantor regional di Palembang untuk mengurusnya, mungkin akan memberatkan pegawai di daerah ini. Tetapi, dengan adanya dan sudah seharusnya ada di sini dan terfasilitasi," ujarnya.

Ia berharap BKN agar pada saat perekrutan tenaga PPPK, dimana penggajiannya adalah dari daerah, maka perekrutannya adalah juga berasal dari daerah.

"Maksudnya adalah calon - calon PPPK ini memang sudah tinggal dan memiliki KTP di Babel, dengan demikian tingkat pengangguran di Babel dapat terukur dan terkurangi," katanya.

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil mengatakan, kepemimpinan BKN oleh Haria Wibisana ini telah menembus sesuatu yang berbeda, telah memberi nuansa yang berbeda yaitu dengan berani membuka diri melalui medsosnya.

"Dengan Pembangunan UPT Pangkalpinang ini, artinya ASN Se-Babel semua akan mengurus kepegawaian di Pangkalpinang. Inilah yang menjadi multiplayer efect yang Pangkalpinang dapat," ujarnya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019