Jakarta (ANTARA) - Petenis unggulan teratas Ashleigh Barty mengatasi awal yang lambat sebelum mengalahkan Maria Sharapova 6-4, 6-1 pada pertandingan putaran kedua turnamen Cincinnati Masters pada Rabu (Kamis WIB).

Juara French Open Barty melakukan kesalahan ganda yang memberi Sharapova keunggulan 2-1 pada set pertama dan itu terlihat seperti akan terjadi kejutan dalam pertandingan antara dua mantan petenis nomor satu dunia tersebut.

Tapi kemudian Sharapova melakukan enam kesalahan ganda dan menyia-nyiakan enam dari tujuh peluang break point.

"Secara keseluruhan tadi itu penampilan yang cukup bersih," kata Barty

"Sulit untuk bertanding melawan pemain seperti Maria. Dia pemain luar biasa, dia tahu bagaimana bertarung dan dia membuat anda meraih setiap poinnya."

"Jadi saya sangat senang dengan cara saya dapat bertahan di sana hari ini dan memenangi beberapa poin penting itu," kata Barty.

Barty mencuri angka servis lawan pada set kedua saat dia melepaskan forehand silang untuk membuka keunggulan 2-0.

Sharapova memberi perlawanan keras pada gim berikutnya dengan memaksakan empat deuce namun tidak berhasil mencuri angka servis. Setelah itu Barty melaju untuk menyelesaikan pertandingan, memenangi 11 dari 13 gim terakhir.

Barty pada pertandingan selanjutnya akan menghadapi Anett Kontaveit, yang menundukkan petenis muda Polandia Iga Swiatek dalam dua set langsung.

Baca juga: Sharapova bertemu Barty pada babak kedua Cincinnati

Pada pertandingan lain, juara Wimbledon Simona Halep bekerja keras mengalahkan Ekaterina Alexandrova 3-6, 7-5, 6-4 untuk melaju ke putaran ketiga.

Halep menelan kekalahan set pertama dan kemudian tertinggal 4-5 pada set kedua, namun bangkit dan memenangi tiga gim berikutnya, serta menaikkan level permainannya pada set penentuan.

Pertandingan tersebut merupakan yang pertama bagi Halep sejak menarik diri dari pertandingan perempat final Rogers Cup pada Jumat pekan lalu karena masalah pada achilles, tapi dia terlihat bisa bergerak dengan baik dalam pertandingannya melawan petenis Rusia itu.

Halep yang menempati unggulan keempat sedang mengincar gelar pertama pada turnamen tersebut setelah tiga kali menempati posisi kedua pada 2015, 2017, dan 2018.

"Saya merasa percaya diri setiap kali saya datang ke sini, tapi kondisinya sangat berat. Lapangan sangat cepat," kata petenis asal Rumania itu.

Petenis nomor satu dunia Naomi Osaka meningkatkan catatan kemenangannya menjadi 4-0 atas Aliaksandra Sasnovich dengan meraih kemenangan 7-6(3), 2-6, 6-2.

Osaka, yang merebut kembali peringkat satu dunia setelah Barty tersingkir dari Rogers Cup pekan lalu, mencetak 24 winner saat dia ingin mempertajam permainannya sebelum tampil di New York akhir bulan ini untuk mempertahankan gelarnya.

Unggulan ketiga Karolina Pliskova menundukkan Wang Yafan 6-1, 6-3 dan Donna Vekic menumbangkan mantan juara Victoria Azarenka 6-2, 7-5 untuk bertarung melawan Venus Williams pada pertandingan selanjutnya.

Unggulan ketujuh Elina Svitolina, unggulan kesembilan Aryna Sabalenka, dan petenis AS Madison Keys juga melaju ke babak ketiga dengan kemenangan dua set langsung, demikian dilaporkan Reuters.

Baca juga: Peringkat satu dunia Barty tersingkir pada putaran kedua Toronto

Pewarta: Irwan Suhirwandi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019