Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menghadiri acara peresmian pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia dan Parade Merk Lokal Indonesia 2019 yang menekankan penggunaan dan pengutamaan produk buatan dalam negeri.

"Saya titip pasar dalam negeri jangan sampai ada yang kosong sehingga produk dari luar mengisi," kata Presiden dalam sambutannya saat acara peresmian pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia di Senayan City, Jakarta pada Kamis sore.

Menurut dia, terdapat beragam produk dalam negeri yang memiliki kualitas bagus.

Presiden juga meminta agar pemilik pusat perbelanjaan memberikan ruang-ruang gerai lebih banyak untuk produk dalam negeri.

"Jadi kita sudah saatnya menguasai pasar dalam negeri dan saatnya brand lokal kita, brand nasional kita bawa keluar berbondong-bondong bersama-sama," ujar Jokowi.

HBDI itu dibuka oleh Presiden Jokowi bersama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah.

Acara Hari Belanja Diskon Indonesia merupakan perhelatan tahunan yabg diselenggarakan sejak 15 Agustus sampai 31 Agustus 2019.

Perhelatan yang melibatkan ratusan merek nasional itu diselenggarakan oleh Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO).

Dalam acara Parade Merk Lokal Indonesia ditampilkan puluhan produk merk lokal yang membanggakan Indonesia dan siap dipasarkan di tingkat global. 

Baca juga: Kemendag optimis Hari Belanja Diskon Indonesia pacu daya beli

Baca juga: Hari Belanja Diskon Indonesia Agustus beri diskon hingga 74 persen

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019