Jakarta (ANTARA) - Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI) menyatakan, kontribusi pendapatan negara dari tembakau cukup tinggi, tetapi kontibusi dari pemerintah dalam membantu dan mempermudah para petani tembakau masih rendah.

Ketua AMTI Budidoyo di Jakarta, Kamis mengatakan,keluarnya regulasi yang menekan industri tembakau, salah satunya meningkatkan besaran cukai rokok menunjukkan kurang berpihaknya pemerintah terhadap petani tembakau.

Menurut dia, jika pemerintah akan menaikkan cukai maka akan muncul rokok-rokok ilegal dan yang dirugikan adalah pemerintah.

Sementara untuk para petani, tambahnya, kenaikan cukai itu tidak masalah, karena para pelaku industri masih membeli tembakau ke petani.

"Dibanding negara negara lain di Indonesia sendiri tidak adil dalam membantu dan membela petani," katanya.

Sebelumnya di sela sela Road to World Tobacco Growers Day (WTGD) 2019 di Desa Citaman, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Budi menyatakan, selain cukai masih terdapat regulasi yang menambah tekanan kepada industri hasil tembakau.

Selain itu peraturan peraturan daerah tentang tanpa rokok berdampak juga terhadap industri sehingga cukai tetap berdampak karena itu menyangkut kepada daya beli masyarakat," ujarnya.

Sementara itu Ketua Asosiasi Tembakau Indonesia (APTI) Jawa Barat Suryana mengatakan, Jabar merupakan salah satu provinsi penghasil tembakau nomor satu di Indonesia dari segi kualitasnya.

Untuk kalangan dunia, tambahnya, Jawa Barat merupakan daerah penghasil tembakau terbaik nomor lima.

Saat ini lahan untuk perkebunan tembakau di kabupaten Bandung hanya memiliki luas 1.524 hektar termasuk Desa Citaman, Kecamatan Nagreg.

Produksi tembakau di Desa Citaman, tambahnya, 10 -14 ton /hektar tembakau basah atau sekitar 3 - 5 ton daun tembakau kering.

Untuk keseluruhan Jawa Barat Suryana mengatakan produksinya mencapai 38 ribu ton, lebih rendah dari kebutuhan tembakau di provinsi tersebut yang sebanyak 138 ribu ton per tahun.

"Untuk memenuhi kekurangan kebutuhan di Provinsi Jabar, kami mendatangkan dari Jawa Timur sekitar 70 ribu ton tembakau kering dan selebihnya dari Nusa Tenggara Timur (NTB)," katanya.

Suryana juga mengatakan salah satu keunggulan produk tembakau dari Jabar adalah tembakau yang dihasilkan dapat dimodifikasi warna sesuai kebutuhan pasar.

"Keunggulan tembakau di Jawa Barat adalah bisa dimodifikasi warna sesuai kebutuhan pasar, misalkan ingin membuat tembakau merah, hijau putih, kuning dan coklat. Ini keunggulan Jawa Barat. Sementara yang lain tidak ada," ujarnya

Baca juga: AMTI katakan produktivitas tembakau masih rendah

Baca juga: AMTI minta RUU Pertembakauan wakili semua kepentingan

Pewarta: Subagyo
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019