counter

BUMN Hadir

Kodam I/Bukit Barisan bagikan seragam militer kepada peserta SMN

Kodam I/Bukit Barisan bagikan seragam militer kepada peserta SMN

Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tahun 2019 asal Provinsi Sulawesi Tengah, sedang memakai seragam militer di Batalyon Kavaleri 6/NK Asam Kumbang, Sunggal, Medan, Kamis (15/8). (Antara Sumut/Foto Irsan Mulyadi)

Kegiatan pelatihan bela negara kepada SMN, untuk menambah wawasan kebangsaan, meningkatkan disiplin dan cinta terhadap NKRI
Medan (ANTARA) - Kodam I/Bukit Barisan membagikan seragam militer kepada 23 peserta Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Provinsi Sulawesi Tengah yang mengikuti pelatihan bela negara di Batalyon Kavaleri 6/NK Asam Kumbang, Sunggal, Medan.

Penanggung Jawab Pelatihan SMN yang juga Pabandya Komsos Kodam I/BB Letkol Kav Ferry Lahe di Mako Bataltyon Kavaleri 6/NK Asam Kumbang, Medan, Kamis, mengatakan pelatihan bela negara untuk siswa SLTA itu berlangsung selama dua hari.

Selama pelatihan militer tersebut, katanya, peserta SMN akan dibekali pengetahuan militer, kedisplinan, pengenalan satuan, pelatihan baris berbaris (PBB), pemberian materi Pancasila, pemberian materi kepemimpinan, pemberian materi Washbang, dan pemberian materi cegah tangkal radikalisme/separatisme.

"Kegiatan pelatihan bela negara kepada SMN, untuk menambah wawasan kebangsaan, meningkatkan disiplin dan cinta terhadap NKRI," katanya.

Puluhan peserta SMN asal Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) selama berada di Sumatera Utara akan mengikuti berbagai kegiatan, yakni pendidikan bela negara di Batalyon Kavaleri 6/Naga Karimata di Asam Kumbang Sunggal Medan, berkunjung ke Sekolah DELL di Balige, mengikuti upacara bendera memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di Pabatu, Kabupaten Simalungun.

Selain itu,  berkunjung ke objek wisata alam batu gantung di kawasan Danau Toba Kabupaten Simalungun, berkunjung ke warisan budaya di Tomok Kabupaten Samosir (mempelajari tarian adat Batak Toba), menyaksian tarian patung sigale-gale di Tuktuk Kabupaten Samosir, berkunjung ke kebun teh Sidamanik, Kabupaten Simalungun.

Selain itu, mengenal dan diskusi tentang PTPN IV dan sawit di Kebun Adolina, Kabupaten Serdang Bedagai, belajar media sosial (medsos), Instagram, Youtube, dan Twitter, kunjungan ke Istana Maimun Medan, berkunjung ke perpustakaan daerah di Medan, berkunjung ke PT KIM di Belawan, dan berkunjung ke Rumah Kreatif BUMN, serta BTN Medan.

Penetapan 23 peserta SMN 2019 dan tiga guru pendamping melalui seleksi yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri melalui Program SMN 2019 di daerah itu dibiayai oleh PTPN IV, PT KIM, dan PJT 1.

Baca juga: Sebelum pelatihan bela negara, 23 peserta SMN diperiksa kesehatannya
Baca juga: Siswa Mengenal Nusantara Sulteng diberikan pengetahuan Panser Anoa
Baca juga: Penyandang disabilitas peserta SMN Sulteng tertarik lagu batak

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kominfo Sumut ingatkan agar hati-hati sebar berita

Komentar