Jakarta (ANTARA) - Tiga tim Belanda AZ Alkmaar, Feyenoord dan PSV Eindhoven memastikan kelanjutan langkah mereka ke babak playoff Liga Europa setelah rangkaian laga kedua putaran ketiga rampung digelar pada Jumat dini hari WIB, demikian catatan laman resmi UEFA.

AZ yang sebelumnya main imbang nirgol di laga pertama berhasil melumat wakil Ukraina Mariupol dengan kemenangan 4-0 di Stadion Cars Jeans, Den Haag, Belanda.

Gol-gol Calvin Stengs, Thomas Ouwejan dan Stij Wuytensn yang dilengkapi gol bunuh diri Sergey Yavorskiy sukses mengantarkan tim besutan Arne Slot itu melaju ke babak playoff untuk meladeni klub Belgia Antwerp, yang lolos berkat kemenangan agregat gol tandang 2-2 atas Viktoria Plzen.

Feyenoord yang punya modal kemenangan 4-0 di laga pertama meloloskan diri ke playoff meski hanya bermain imbang 1-1 saat melawat ke markas klub Georgia Dinamo Tbilisi.

Feyenoord selanjutnya akan menghadapi wakil Israel Hapoel Be'er Sheva yang lolos dengan kemenangan agregat 3-1 atas tim Kazzakhstan, Kairat.

Sedangkan PSV sukses mempertahankan keunggulan agregat 1-0 meski cuma main imbang nirgol saat menjamu tim Norwegia, Haugesund, di Stadion Philips, Belanda.

Di babak playoff PSV bakal berhadapan dengan wakil Siprus Apollon Limassol yang melaju usai menyingkirkan Austria Wien dengan kemenangan agregat 5-2.

Baca juga: Gantikan Milan, Torino melenggang mulus ke putaran ketiga

Laga playoff lainnya akan mempertemukan Torino (Italia) dan Wolverhampton (Inggris).

Torino yang menggunakan jatah lungsuran dari AC Milan lolos usai menang agregat 6-1 atas klub Belarusia Shakhtyor Soligorsk.

Sementara Wolverhampton kembali menang 4-0 dalam laga kedua untuk menggandakan agregat menjadi 8-0 atas wakil Armenia, Pyunik.

Tim Skotlandia besutan Steven Gerrard, Rangers, juga lolos ke babak playoff usai mempertahankan agregat 2-0 dengan main imbang nirgol di Luksemburg saat menyambangi markas Progres Niederkorn.

Wakil Spanyol Espanyol dan wakil Prancis Strasbourg juga lolos ke playoff setelah masing-masing menyingkirkan FC Luzern (Swiss) serta Lokomotiv Plovdiv (Bulgaria) dengan agregat 6-0 dan 2-0.

Di babak playoff Rangers akan menghadapi Legia Warsawa (Polandia), Espanyol bertemu Zorya Luhansk (Ukraina) dan Strasbourg melawan tim kuat Eintracht Frankfurt (Jerman).

Baca juga: Celtic, Porto dan Basel tersingkir dari kualifikasi Liga Champions

Empat tim yang sebelumnya tersingkir dari putaran ketiga kualifikasi Liga Champions yakni Porto (Portugal), Dynamo Kiev (Ukraina), Istanbul Basaksehir (Turki) dan Basel (Swiss) mendapat tiket langsung mengikuti fase grup.

Namun enam tim lain yang juga tersingkir di babak serupa kualifikasi Liga Champions bakal melakoni fase playoff memperebutkan tiket fase grup, yakni PAOK (Yunani), Celtic (Skotlandia), FC Copenhagen (Denmark), NK Maribor (Slovenia), FK Qarabag (Azerbaijan) dan Ferencvaros (Hongaria).

Rangkaian laga pertama babak playoff Liga Europa bakal digelar serempak pada 22 Agustus sedangkan laga kedua dilangsungkan 29 Agustus.

Baca juga: Laga kualifikasi Liga Europa di Rumania diwarnai kericuhan lukai wasit

Berikut hasil undian pertandingan babak playoff Liga Europa:

Suduva (Lithuania) vs Ferencvaros (Hongaria)
FC Copenhagen (Denmark) vs Riga (Latvia)
Celtic (Skotlandia) vs AIK (Swedia)
Ararat-Armenia (Armenia) vs F91 Dudelange (Luksemburg)
Ludogorets Razgrad (Bulgaria) vs NK Maribor (Slovenia)
Linfeld (Irlandia Utara) vs FK Qarabag (Azerbaijan)
Slovan Brastislava (Slovakia) vs PAOK (Yunani)
Astana (Kazakhstan) vs BATE Borisov (Belarusia)
Torino (Italia) vs Wolverhampton (Inggris)
Legia Warsawa (Polandia) vs Rangers (Skotlandia)
FCSB (Rumania) vs Vitoria de Guimaraes (Portugal)
PSV Eindhoven (Belanda) vs Apollon Limassol (Siprus)
AEK Athens (Yunani) vs Trabzonspor (Turki)
Feyenoord (Belanda) vs Hapoel Be'er Sheva (Israel)
KAA Gent (Belgia) vs RIjeka (Kroasia)
Espanyol (Spanyol) vs Zorya Luhansk (Ukraina)
Partizan Belgrade (Serbia) vs Molde (Norwegia)
Braga (Portugal) vs Spartak Moskow (Rusia)
Malmo FF (Swedia) vs Bnei Yehuda (Israel)
Strasbourg (Prancis) vs Eintracht Frankfurt (Jerman)
AZ Alkmaar (Belanda) vs Antwerp (Belgia)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019