Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pejabat negara menghadiri Sidang Tahunan MPR RI yang diikuti dengan Pidato Kenegaraan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Penyampaian Nota Keuangan di Ruang Rapat Paripurna I Kompleks DPR/MPR RI.

Setidaknya hingga pukul 08.00 WIB, sejumlah pejabat negara yang sudah memasuki ruang rapat yakni Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi, Syafruddin.

Terlihat pula memasuki ruangan Menteri KLHK Siti Nurbaya, Kapolri Tito Karnavian, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan politisi dari PDI-P Rieke Diah Pitaloka.

Pembukaan Sidang Tahunan MPR RI akan diawali oleh pidato dari Ketua MPR RI kemudian diikuti oleh Pidato dari Presiden Joko Widodo sekitar pukul 08.30 WIB.

Presiden Joko Widodo, pada Jumat, dijadwalkan berpidato sebanyak tiga kali di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta.

Berdasarkan jadwal dari MPR RI, Presiden Jokowi akan berpidato pada Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2019 mulai pukul 08:30 WIB.

Selanjutnya, pada pukul 10:38 WIB, Presiden Jokowi akan menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Selama 40 menit Presiden berpidato pada Sidang Bersama DPD RI-DPR RI.

Pada pukul 14:20 WIB Presiden berpidato dalam rangka Penyampaian Pengantar/Keterangan Pemerintah atas RUU Tentang APBN Tahun Anggaran 2020 beserta Nota Keuangannya.

Usai berpidato, sekitar pukul 15:05 Presiden Jokowi dijadwalkan menyerahkan RUU tentang RAPBN Tahun 2020 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya kepada Ketua DPR RI dilanjutkan dengan penyerahan RUU tentang RAPBN Tahun 2020 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya serta surat permintaan pertimbangan dari Ketua DPR RI kepada Ketua DPR RI.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019