Banjarmasin (ANTARA) - Dandim 1008/Tanjung Letkol Arm Edy Susanto bersama Kapolres Tabalong AKBP Hardiono, meninjau langsung kebakaran lahan di areal perkebunan PT Alam Tri Abadi (ATA) salah satu anak usaha Adaro Energy di Desa Kasiu RT 6 Kecamatan Murung Pudak, Kalsel.

Berdasarkan pantauan Antara di lapangan Jumat,  maraknya kebakaran lahan di sejumlah wilayah Kabupaten Tabalong membuat anggota Satgas Karhutla sigap melakukan pemadaman api.

Anggota Satgas baik dari TNI/Polri, BPBD Kabupaten Tabalong, UPBS serta masyarakat Tabalong bersama - sama terjun ke lokasi kebakaran.

"Ke depannya kami akan terus tingkatkan sinergi dalam mendukung pencegahan kebakaran hutan dan lahan," jelas Dandim Tanjung.

Dikatakannya, mengingat kalau kasus kebakaran hutan dan lahan itu bisa dapat menimbulkan bencana bagi daerah.

Terlihat di lahan milik PT ATA si jago merah membakar sekitar lima hektare lahan kering dan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.

Sebanyak lima unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD Kabupaten Tabalong dan UPBS sektor tengah, Unit pemadam kebakaran PT Adaro Indonesia, Babinsa dan anggota Polsek dikerahkan untuk memadamkan api.

"Kemarau yang terjadi saat ini memicu kebakaran lahan dan hutan bisa semakin meluas khususnya di lahan yang kering," ungkap Edy.

Sementara itu kebakaran lahan atau hutan juga terjadi di Kelurahan Jangkung dan Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak, Kalsel. 

Baca juga: Dua titik api di Tabalong terpantau satelit

Baca juga: Keterlibatan masyarakat Tabalong efektif cegah kebakaran hutan

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019