counter

Sektor sumber daya seret pasar saham Aussie berakhir sedikit melemah

Sektor sumber daya seret pasar saham Aussie berakhir sedikit melemah

Pejalan kaki terpantul di kaca layar elektronik menunjukkan nilai tukar mata uang yen Jepang dengan dolar AS, euro, dan dolar Australia, Indeks Pasar Dow Jones dan pasar saham lainnya di depan bursa saham di Tokyo, Jepang, Selasa (6/8/2019). REUTERS/Issei Kato/djo/AWW (REUTERS/ISSEI KATO)

Saham-saham sumber daya adalah beban terbesar di pasar Aussie dengan energi dan material jatuh karena harga-harga komoditas yang lebih lemah.
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia berakhir sedikit lebih rendah pada perdagangan Jumat, terseret penurunan saham-saham material dan energi yang tidak mampu diimbangi oleh kenaikan kuat sektor perbankan.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 2,60 poin atau 0,041 persen menjadi 6.405,50 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas berkurang 4,90 poin atau 0,075 persen menjadi 6.485,90 poin.

Saham-saham sumber daya adalah beban terbesar di pasar Aussie dengan energi dan material jatuh karena harga-harga komoditas yang lebih lemah.

Namun saham-saham bank memperoleh keuntungan yang kuat, menjadikan keuangan sebagai pemain top, diikuti oleh perawatan kesehatan dan utilitas.

"Salah satu saham individu berkinerja terbaik adalah Star Entertainment Group (SGR), operator game yanh telah melonjak 7,0 persen setelah merilis perolehan laba tahun fiskal 2019," kata analis pasar Commsec, James Tao.

Baca juga: Bursa saham Australia bangkit, Indeks ASX 200 dibuka naik 5,80 poin

"Pendapatan dan laba bersih yang dinormalisasi keduanya turun tetapi keuntungan bersih statutory (diberlakukan oleh undang-undang) naik 34 persen menjadi (134 juta dolar AS)."

Di bidang keuangan, bank-bank besar Australia menguat dengan Commonwealth Bank naik 1,05 persen, Westpac Bank naik 0,76 persen, National Australia Bank naik 0,86 persen dan ANZ naik 0,61 persen.

Saham-saham pertambangan bervariasi dengan Fortescue Metals naik 2,13 persen, BHP turun 0,61 persen, Rio Tinto turun 1,03 persen, dan penambang emas Newcrest turun 1,39 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas juga beragam dengan Oil Search jatuh 3,66 persen, Santos naik 0,30 persen dan Woodside Petroleum naik 0,10 persen.

Supermarket terbesar Australia bervariasi dengan Coles turun tipis 0,08 persen dan Woolworths naik 0,60 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra jatuh 2,58 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas kehilangan 0,72 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 0,35 persen.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar