SDM Unggul Indonesia Maju

Antara Kalsel beri pengetahuan siswa mengenal Nusantara Sumbar

Antara Kalsel beri pengetahuan siswa mengenal Nusantara Sumbar

Dua wartawan senior LKBN Antara saat memberikan pembekalan bagi siswa mengenal Nusantara dari Sumbar.(Sukarli Ant)

Karena cakupan pemberitaan Antara ada di seluruh kabupaten/kota di provinsi ini, juga di provinsi lainnya di nusantara,
Banjarmasin (ANTARA) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memberi pengetahuan bagi Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019, yakni dari provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada program BUMN hadir untuk Negeri.

Ada sebanyak 23 orang siswa Sumbar yang mengikuti pertukaran siswa mengenal Nusantara di Provinsi Kalsel, dimana mereka mendapat pembekalan salah satunya dari LKBN Antara Kalsel di kantor Jasa Raharja Banjarmasin, Jumat.

Wartawan senior LKBN Antara Sri Hariyati mengatakan, para siswa bisa mengenal lebih dalam daerah Kalsel ini baik kebudayaan, seni, kuliner dan objek wisatanya melalui kanal berita Antaranews Kalsel.

Baca juga: Siswa Mengenal Nusantara asal Sulteng bangga naik Panser Anoa

Menurut dia, LKBN Antara sebagai kantor berita milik negara sangat dipercaya, bahkan diakui dunia untuk sumber pengetahuan dan informasi segala penjuru negeri ini, khususnya di Kalsel.

"Karena cakupan pemberitaan Antara ada di seluruh kabupaten/kota di provinsi ini, juga di provinsi lainnya di nusantara," terang Sri yang merupakan redaktur internasional di LKBN Antara.

Baca juga: Sebelum pelatihan bela negara, 23 peserta SMN diperiksa kesehatannya

Menurutnya, sumber informasi dan berita kantor berita Antara tidak hanya berbentuk artikel, namun juga foto dan video dimana masyarakat umum bisa mudah mengaksesnya.

"Jadi adek-adek bisa membuka di website Antaranews Kalsel, bisa mendapat informasi apa saja di daerah ini, sebagai dasar pengetahuan untuk nantinya ke lapangan melihat langsung," ujarnya.

Misalnya terkait objek wisata Pasar Terapung, yakni wisata unik di sungai Martapura yang menggambarkan pasar jual beli barang menggunakan sampan atau jukung disebutnya di daerah ini, sangat banyak artikel, foto dan videonya di website berita Antara.

"Belum lagi masalah kuliner, seperti ketupat Kandangan dan soto Banjar, ada juga tentunya," kata Sri Hariyati.

Dia juga memberikan sedikit pendidikan untuk siswa mengenal Nusantara dari Sumbar untuk bisa menulis pengalaman saat di Kalsel ini, yakni, untuk memenuhi standar jurnalistik.

"Yang pasti adek-adek jangan takut bertanya, kalau memang menyukai masakan daerah ini misalnya bagus untuk ditulis secara terperinci dalam sebuah tulisan, ini bisa jadi cerita menarik pengalamannya saat di Kalsel, dibaca masyarakat umum," tambahnya.

Baca juga: Siswa Mengenal Nusantara Sulteng diberikan pengetahuan Panser Anoa


 

Pewarta: Sukarli
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Siswa SMN Sultra sekolah di SD Muhamadiyah Gantong

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar