counter

Sambut proklamasi kemerdekaan SAR bersih pantai Teluk Ambon

Sambut proklamasi kemerdekaan SAR bersih pantai Teluk Ambon

Personel TNI/Polri bersama ASN Kota Ambon serta para pencinta lingkungan membersihkan sampah di pesisir pantai Desa Poka, Teluk Dalam Ambon. (FOTO ANTARA/dok.Pendam-16)

Semua unsur yang terlibat dalam kegiatan ini melakukan pembersihan dari tepi pantai di sekitar bawah Jembatan Merah Putih hingga ke tengah laut di dalam perairan Teluk Ambon
Ambon (ANTARA) - Kantor SAR Ambon bersama instansi teknis lainnya, Jumat, melakukan aksi bersih pantai dan laut di pesisir Teluk Ambon menjelang perayaan hari ulang tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 tanggal 17 Agustus 2019.

"Aksi bersih pantai dan laut ini dilalukan sesuai surat Pemprov Maluku nomor 536/2718/ VIII/2019 tanggal 15 Agustus 2019 perihal dukungan sarana transportasi laut dalam rangka menyambut HUT Proklamasi RI dan HUT Provinsi Maluku ke-74," kata Kepala Kantor Basarnas Ambon, Muslimin di Ambon.

Kegiatan itu melibatkan berbagai unsur dari Kantor SAR Ambon, KP3, Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi, Balai Budidaya Laut, BPPP, PLTD Poka dan Galala, maupun para karyawan dari Terminal BBM Wayame Ambon.

Menurut dia, aksi bersih pantai dan laut hari ini dimulai dari pukul 08:00 WIT hingga pukul 12:00 WIT.

"Sesuai surat pemprov yang meminta dukungan transportasi laut maka kami dari Kantor SAR Ambon mengerahkan perahu karet guna kelancaran aksi bersih dimaksud," ujar Muslimin.

Semua unsur yang terlibat dalam kegiatan ini melakukan pembersihan dari tepi pantai di sekitar bawah Jembatan Merah Putih hingga ke tengah laut di dalam perairan Teluk Ambon.

Pengangkatan sampah-sampah yang terbawa arus air ini dikumpulkan pada beberapa titik dan dilakukan pembakaran.

Sementara Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Roem Ohoirat mengatakan, untuk memperingati HUT Proklamas RI ke-74, polda akan menggelar upacara bendera di tengah laut.

"Upacara yang dimulai pukul 07:00 WIT ini akan menggunakan puluhan speed boat, kapal, rakit, maupun perahu-perahu nelayan yang akan memenuhi kawasan perairan di dalam teluk," ujarnya.

Baca juga: 1.000 benih ikan dilepaskan ke Teluk Ambon

Baca juga: Sampah Rusak Ekosistem Teluk Ambon

Baca juga: DLHKP imbau warga tidak mengambil ikan-kerang di Teluk Ambon

Baca juga: TNI-Polri bersihkan sampahTeluk Ambon

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Aksi bersih laut dari sampah di Teluk Ambon

Komentar