Saya yakin mereka sudah paham dengan lawannya
Binh Duong (ANTARA) - Pelatih timnas sepak bola U-18 Fakhri Husaini berharap para pemainnya bisa tenang dan menjaga emosi saat berhadapan dengan Malaysia di babak semifinal Piala AFF U-18 2019 pada 17 Agustus.

"Ini yang harus saya cegah, karena semangat terlalu berlebihan itu tidak baik. Mereka harus bisa mengendalikan. Saya akan ingatkan mereka harus bisa jaga emosi dan semangat," tutur Fakhri saat ditemui usai latihan di Lapangan Becamex, Jumat petang.

Hal itu disampaikan Fakhri mengingat tingginya tingkat persaingan dan sentimen nasionalisme dalam kedua negara pada setiap kompetisi cabang olahraga apa pun.

Untuk itu ia berharap skuad Garuda Nusantara bisa bermain sportif dan tetap berusaha semaksimal mungkin agar bisa lolos ke babak final sekaligus meraih gelar juara seperti di Piala AFF U-18 tahun 2013.

"Kalau tidak terkontrol malah bisa merugikan diri sendiri.Tapi saya yakin mereka sudah paham dengan lawannya, kan sudah pernah bertemu di Piala AFF U-16," pungkas Fakhri menambahkan.

Sebagian besar anggota timnas U-18 yang sekarang bertanding sudah pernah bertemu dengan timnas Malaysia saat berlaga di Piala AFF U-16 tahun 2018.

Pada saat itu, timnas Indonesia berhasil menundukkan Malaysia 1-0 dan mengantarkan skuad Merah Putih bertemu Thailand di babak final sebelum akhirnya menjuarai Piala AFF U-16 2018.

Pada 17 Agustus di Stadion Binh Duong, Indonesia yang menjadi juara dari Grup A akan berhadapan dengan Malaysia sebagai runner-up Grup B.

Sedangkan juara dari Grup B yaitu Australia akan menghadapi Myanmar selaku runner-up Grup A.

Baca juga: Fakhri: Hari kemerdekaan jadi motivasi laga semifinal versus Malaysia

Baca juga: Timnas U-18 berburu oleh-oleh Vietnam di Pasar Ben Thanh

Baca juga: Jelang semifinal, timnas U-18 masukan materi penalti di latihan

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019