counter

Bupati Omaleng optimistis keamanan Mimika kondusif saat HUT RI

Bupati Omaleng optimistis keamanan Mimika kondusif saat HUT RI

Bupati Mimika Eltinus Omaleng menyalami anggota Paskibra Kabupaten Mimika 2019, Jumat (16/8). (ANTARA News Papua/Evarianus Supar)

Timika (ANTARA) - Bupati Mimika, Papua, Eltinus Omaleng, mengatakan situasi keamanan di wilayahnya akan kondusif saat perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan RI pada Sabtu, 17 Agustus 2019.

"Yakin aman, tidak ada yang berani buat kekacauan. Kalau berani coba-coba, yah, siap-siap masuk di dalam (penjara)," kata Eltinus di Timika, Jumat malam.

Eltinus menampik informasi yang beredar bahwa pelaksanaan HUT ke-74 RI tahun ini di Papua, khususnya di Mimika akan mendapat gangguan dari kelompok separatis terkait dengan Organisasi Papua Merdeka/OPM.

Baca juga: Pelaku penembakan TNI AD di Nduga diduga kelompok Egianus Kogoya

Harapan serupa disampaikan oleh Komandan Kodim 1710 Mimika Letkol Inf Pio L Nainggolan dan Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto.

Dandim berharap pelaksanaan upacara memperingati 17 Agustus di Mimika pada hari Sabtu di seluruh wilayah Mimika dapat berlangsung dalam suasana yang kondusif dan aman.

Baca juga: Patroli TNI di serang KKB di Nduga, 2 anggota Yonif 751/VJS terluka

Aparat TNI dan Polri, katanya, kini mengonsentrasikan pengamanan di wilayah Tembagapura yang kerap menjadi target Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata/KKSB untuk melakukan teror penembakan.

"Untuk wilayah Kota Timika dan sekitarnya mudah-mudahan aman karena selama ini mereka terfokus di wilayah Tembagapura," ujar Letkol Nainggolan.

Kapolres Mimika Agung Marlianto juga berharap situasi keamanan di wilayah Mimika tetap aman dan kondusif saat perayaan 17 Agustus 2019 pada Sabtu sebagaimana saat perayaan HUT RI pada tahun-tahun sebelumnya.

"Sejauh ini tidak ada gangguan kamtibmas dan hal-hal menonjol, situasi seperti ini harus kita pertahankan terus," ujarnya.

Kapolres mengatakan pasukan TNI dan Polri telah siap untuk mengamankan perayaan 17 Agustus 2019 di Mimika baik di wilayah dataran tinggi seperti di Tembagapura maupun di wilayah dataran rendah seperti di Timika, Kuala Kencana dan Pelabuhan Portsite Amamapare.

"Kami sudah menyagakan pasukan baik di wilayah dataran tinggi maupun wilayah dataran rendah untuk bisa mengantisipasi adanya isu-isu yang berkembang belakangan ini. Kami mengajak seluruh komponen masyarakat Mimika untuk bersama-sama berdoa agar pelaksanaan upacara memperingati HUT RI berlangsung dalam suasana aman, tertib, kondusif dan tidak ada kendala," ujarnya.
Prajurit TNI dan Polri menggelar pawai obor atau Taptu mengelilingi Kota Timika pada Jumat (16/8) petang menyambut perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. (ANTARA News Papua/Evarianus Supar)

Menjelang perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Kabupaten Mimika, pada Jumat petang digelar pawai obor (Taptu) oleh prajurit TNI dan Polri melintasi jalan-jalan utama di Kota Timika.

Sementara pada Jumat malam digelar pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Mimika 2019 oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng bertempat di Gedung Eme Neme Yauware Timika.

Peserta Paskibra 2019 di Mimika berjumlah 35 orang siswa-siswi SMA-SMK di Kota Timika dan ditambah dengan prajurit Detasemen Kaveleri Serigala Ceta Timika.

 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Gubernur Papua lantik Bupati & Wakil Bupati Mimika terpilih

Komentar