Ottawa (ANTARA News) - Barack Obama akan melakukan lawatan ke negara tetangga di utara, Kanada, dalam perjalanan ke luar negeri pertamanya sebagai presiden AS, menyusul pelantikannya pada 20 Januari, Kantor PM Stephen Harper mengatakan, Sabtu.

"Kami dapat memastikan bahwa presiden-terpilih itu telah menerima undangan perdana menteri untuk mengunjungi Kanada segera setelah ia dilantik," kantor Harper mengatakan dalam penyataannya, seperti dilaporkan AFP.

 Pernyataan ini mengindikasikan para pejabat di Ottawa "telah menjalin hubungan yang kuat" dengan tim peralihan Obama.

"Ini akan menjadi kunjungan ke luar negeri pertama presiden Obama," pernyataan itu menambahkan, seraya memastikan bahwa Obama akan mengikuti tradisi yang telah bertahan-lama itu. Tanggal kunjungan belum diberikan.  

Kanada, yang belakangan ini berkali-kali menunjukkan dukungannya pada serangan Israel di Gaza, adalah mitra dagang terbesar AS. Kedua negara di kawasan  Amerika utara itu telah mengalami pulkulan  keras akibat krisis keuangan global.
 
Pada Senin, Obama akan bertemu dengan Presiden Meksiko Felipe Calderon, pertemuan pertamanyai dengan seorang pemimpin dunia sejak ia menang dalam pemilihan 4 November.  (*)

Pewarta:
Copyright © ANTARA 2009