counter

KONI Bali berharap miliki atlet skating profesional

KONI Bali berharap miliki atlet skating profesional

Ketua KONI Bali Ketut Suwandhi (tiga kanan) mengharapkan Bali memiliki atlet skating andal dan profesional. (Antaranews Bali/Komang Suparta/2019)

Denpasar (ANTARA) - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bali Ketut Suwandhi mengatakan dengan dibangunnya arena ice skating di Kuta, Bali, berharap ke depan memiliki atlet-atlet profesional yang bisa mengharumkan Pulau Dewata di kancah nasional maupun internasional.

"Saya mempunyai keyakinan dengan adanya arena ice skating di Bali akan tumbuh skiter di Pulau Dewata," kata Suwandhi disela pembukaan arena ice skating di Kuta Bali, Jumat malam.

Menurut dia, cabang olahraga ini akan bisa berkembang dan diminati warga Bali, sebab untuk arena permainan es tersebut baru pertama di Bali, sehingga ketertarikan untuk berlatih olahraga tersebut cukup kuat.

"Untuk menumbuhkan atlet, biasanya beriringan dengan ketersediaan sarana dan prasarana olahraga tersebut. Jika sarana olahraga seperti ice skating ini ada di Bali, secara perlahan akan tumbuh bibit-bibit atlet olahraga tersebut," ucapnya.

Sementara itu, General Manajer Arena Skating Bali Bunyamin Christianto mengatakan pihaknya membangun arena ice skating adalah pertama di luar Jakarta dan Bandung. Karena Bali menjadi barometer wisata dunia. Dengan kehadiran arena ini, selain menumbuhkan bibit-bibit skiter, juga diharapkan menjadi arena rekreasi bagi wisatawan.

"Saya berharap dengan kehadiran arena ice skating ini di Bali akan melahirkan bibit-bibit olahraga berprestasi. Karena Bali sudah terkenal dengan objek wisata alam, seni dan budaya. Dengan kehadiran arena ice skating akan menambah tujuan wisata baru. Sebab, di Indonesia khan tak ada musim salju, tapi bisa bermain olahraga es," ujarnya.

Ia menjelaskan arena ice skating di Bali mempunyai luas 30 meter kali 15 meter. Dan arena ini juga menjadi bagian dari Oasis Centre Arena (OCA) Jakarta.

"Kami berharap dengan arena ice skating di Bali menjadi perkenalan olahraga nasional musim dingin yang mulai digemari masyarakat Indonesia. Kami juga berupaya mencari bibit olahragawan profesional untuk tim Bali dan Indonesia," ujarnya.

Bunyamin lebih lanjut mengatakan pihaknya juga akan membangun arena ice skating selain Jakarta, Bandung dan Bali, yakni menyasar daerah Sumatera, antara lain Pekan Baru dan Riau.

Pada acara pembukaan arena ice skating tersebut juga hadir Ketua Federasi Ice Skating Indonesia (FISI) Susan Herawati, dr. Laksmi Duarsa, General Manajer Mal Bali Galeria Andry M. Sitania, serta para atlet nasional dan pelatih olahraga tersebut, yakni Violin Lee, The OCA Esemble Team Tasya Putri, Nayfa Krasnaya dan Kimverly Cheung.





 

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar