counter

SDM Unggul Indonesia Maju

Lomba panjat pinang di pinggir danau meriahkan HUT ke-74 RI di TMII

Lomba panjat pinang di pinggir danau meriahkan HUT ke-74 RI di TMII

Lomba panjat pinang yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (17/8/2019). (ANTARA/Yogi Rachman)

Jakarta (ANTARA) - Perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta berlangsung meriah dengan beragam lomba termasuk panjat pinang di pinggir danau area Taman Arsipel yang memperebutkan aneka hadiah.

Total ada delapan batang pinang yang disiapkan oleh panitia untuk para peserta lomba. Para peserta pun terlihat antusias dan bahu-membahu memanjat batang pinang setinggi sekitar delapan meter itu, meski harus berlumur oli.

"Hari ini kita ada pesta rakyat di Arsipel Indonesia. Ada panjat pinang dan berbagai hiburan di anjungan juga atraksi-atraksi yang menghibur pengunjung. Ini akan berlangsung sampai besok," kata Sigit Gunarjo selaku PLH Direktur Penelitian, Pengembangan & Budaya TMII di Jakarta, Sabtu.

Lomba panjat pinang tersebut menarik perhatian para pengunjung TMII yang terlihat menyaksikan dari area pinggir danau. Sebagian dari penonton bahkan ada yang menggelar tikar untuk melihat kemeriahan lomba panjat pinang tersebut.

Akibatnya arus kendaraan di depan Anjungan Aceh dan Anjungan Kalimantan Barat padat merayap. Kendaraan bermotor roda dua dan empat terjebak macet karena banyaknya masyarakat yang menonton lomba panjat pinang tersebut.

Baca juga: HUT ke-74 RI, TMII pecahkan rekor dunia
Baca juga: Sleman tampilkan Sendratari Lokapala di TMII
Baca juga: TMII targetkan 100.000 pengunjung pada momentum HUT DKI


Selain lomba panjat pinang, TMII juga menyiapkan sejumlah agenda untuk meriahkan HUT ke-74 RI. Seperti lomba menyanyi yang terbuka untuk umum, panggung hiburan di beberapa anjungan daerah serta hiburan wayang kulit.

Bahkan untuk meriahkan HUT ke-74 RI, TMII juga meresmikan gapura raksasa berbentuk replika burung Garuda Pancasila setinggi 17 meter. Patung itu berbahan dasar kacang tanah yang sukses meraih rekor dunia oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

8 Pesilat Indonesia melaju ke final

Komentar