Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan mengatakan makna hari kemerdekaan harus tetap menjaga keutuhan Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kemerdekaan Indonesia yang sudah 74 tahun ini, hendaknya harus sepakat dengan memakanai menjaga keutuhan Pancasila dan kedaulatan NKRI," katanya di Sungailiat, Sabtu.

Dia menduga, kelompok radikalisme yang hendak meruntuhkan Pancasila harus diperangi secara bersama sehingga gerakannya tidak dapat lagi menjadi ancamanan bangsa dan negara.

"Saya pastikan masih ada gerakan radikalisme yang harus diwaspadai dan diantisipasi oleh seluruh masyarakat Indonesia," jelasnya.

Baca juga: Koarmada III TNI AL gelar upacara HUT Kemerdekaan

Baca juga: ITDC berbusana adat Bali gelar upacara HUT Kemerdekaan RI

Baca juga: Gubernur: HUT Ke-74 RI momentum bangkitkan SDM Babel


Antisipasi yang harus dilakukan masyarakat kata bupati dengan mengisi kemerdekaan dengan segala bentuk kegiatan yang mempunyai nilai atau manfaat baik untuk masyarakat dan negara.

"Sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas sehingga bermanfaat bagi kepentingan umum harus terus ditingkatkan sebagai cara menjaga Pancasila dan mencintai NKRI," kata bupati.

Bupati mengatakan, cerminan Pancasila sudah diterapkan oleh aparatur sipil negara (ASN) di daerahnya dengan salah satu contoh terjaganya kesatuan dan persatuan di lingkungan ASN.

Kerukunan antar umat beragama di daerahnya yang sampai saat ini terjaga dengan baik kata bupati, merupakan cerminan implementasi Pancasila.

Pewarta: Kasmono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019