Tanjungpinang (ANTARA) (ANTARA) - Masyarakat Kelurahan Senggarang, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau bersama jajaran Polsek Tanjungpinang Kota dan TNI Angkatan Laut menggelar upacara HUT ke-74 RI di atas laut Senggarang, Sabtu.
Baca juga: AP II bersama SMN Sumsel rayakan Kemerdekaan di Bandara Tjilik Riwut
Pantauan di lapangan, Kapolsek Tanjujgpinang Kota, AKP Reza Anugrah selaku inspektur upacara beserta seluruh peserta upacara mengambil posisi di atas dermaga Senggarang.

Sementara, pemimpin upacara dan tiga petugas pengibar bendera merah putih melaksanakan tugasnya di atas laut dengan menggunakan sampan dan pompong.

Reza Anugrah mengatakan, upacara di atas laut ini merupakan inisiatif masyarakat setempat yang mayoritasnya bekerja sebagai nelayan tangkap tradisional.

“Tujuannya adalah untuk mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan Kemerdekaan RI, meningkatkan nasionalisme, melatih disiplin dan menguatkan persatuan dan kesatuan NKRI.” ujar Reza.

Meski dilaksanakan secara sederhana, namun masyarakat sekitar mulai dari orangtua hingga anak-anak begitu antusias mengikuti upacara ini dengan khidmat hingga selesai.
Baca juga: Pertamina peringati HUT Ke-74 RI di bawah laut Ternate

"Kami berencana upacara seperti ini akan digelar tiap menyambut momen HUT RI, bahkan lebih meriah dibanding saat ini," imbuh Reza.

Sementara, ketua panitia pelaksana Izaini menyatakan, waktu persiapan untuk menggelar upacara tersebut hanya satu hari.

Warga secara swadaya bergotong-royong membangun sampan apung sebagai tempat menaikkan bendera merah putih, menghias pelantar, dan memasang umbul-umbul.

Untuk petugas upacara, kata dia, diambil dari pelajar di daerah tersebut.

"Kami bersyukur sekaligus berterima kasih kepada Polri dan TNI yang telah mendukung kegiatan sehingga dapat berjalan aman dan lancar," ucap Izaini.
Baca juga: Polda maluku gelar upacara bendera di laut

Pewarta: Ogen
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019