counter

SDM Unggul Indonesia Maju

Anak nelayan pesisir Jakarta Utara antusias ikut lomba HUT ke-74 RI

Anak nelayan pesisir Jakarta Utara antusias ikut lomba HUT ke-74 RI

Sejumlah anak mengikuti lomba HUT ke-74 RI di Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (17/8/2019). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Jakarta (ANTARA) - Anak nelayan pesisir Cilincing, Jakarta Utara, antusias mengikuti serangkaian lomba memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Momentum 17 Agustus selalu identik dengan perayaan perlombaan yang hampir dilakukan seluruh wilayah Indonesia.

Lomba itu digelar usai upacara bendera yang dilaksanakan di tanggul tepat di ujung Gang Manunggal VII RW 04 RT 06 Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu.

Adapun lomba yang digelar, yakni, balap karung dengan menggunakan helm dan mengambil koin yang ditancapkan di buah pepaya.

Lalu menulis "HUT ke-74 RI" yang diawali dengan badan menunduk berputar 360 derajat hingga lima kali lalu berlari 10 meter menghampiri kertas kosong.

Bahkan lomba makan kerupuk, jongkok berpindah dengan kursi hingga lomba panjat pinang yang diperuntukkan bagi warga yang dewasa.

Baca juga: Lomba panjat pinang di pinggir danau meriahkan HUT ke-74 RI di TMII
Baca juga: Warna-warni perayaan HUT Ke-74 RI warga Kecamatan Senen
Baca juga: Keseruan warga berlomba 17an di Ragunan


Berlangsung sangat riuh dan penuh gempita, meskipun terik matahari tepat berada di atas ubun-ubun, tidak menghentikannya untuk mengikuti lomba.

"Lomba ini diikuti anak-anak sekitar umur enam hingga 10 tahun dan dewasa khusus panjat pinang," kata ketua panitia lomba, Iwan ditemui disela-sela lomba.

Iwan menjelaskan, lomba itu digelar untuk memupuk kerukunan, semangat nasionalisme, hingga persatuan dan kesatuan anak bangsa.

"Ya setiap tahun kami di sini memang mengadakan kegiatan perayaan hari kemerdekaan untuk menjaga solidaritas warga," katanya.

Sementara itu, Dewa (8) peserta lomba mengatakan mengikuti semua lomba yang digelar, karena merasa bisa.

"Aku ikut semua lomba, tadi menang lomba makan kerupuk, seru banget," kata dia.

Pewarta: Mochammad Risyal Hidayat
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Istana tampilkan talenta muda Indonesia

Komentar