Kudus (ANTARA) - PDAM Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menyiapkan anjungan air bersih siap diminum di Alun-alun Kudus sebagai salah satu upaya mengurangi penggunaan botol maupun gelas plastik untuk minum sebagai salah satu penyumbang sampah plastik.

Anjungan air keran siap minum tersebut, diresmikan oleh Pelaksana tugas Bupati Kudus Hartopo didampingi Direktur PDAM Kudus Ayatullah Humaini, Sabtu.

Menurut Plt Bupati Kudus Hartopo anjungan air keran siap minum tidak hanya disediakan di Alun-alun Kudus, melainkan beberapa titik strategis lainnya juga akan disediakan.

Sebagai percontohan, kata dia, Alun-alun Kudus menjadi lokasi pertama yang dilengkapi fasilitas air bersih siap minum.

Ia mempersilakan masyarakat yang membutuhkan minum untuk memanfaatkannya, terutama yang berkunjung ke Alun-alun untuk berolahraga atau sedang ada agenda lain.

"Jangan khawatir dengan kualitas airnya karena sudah teruji dan dilengkapi dengan sertifikat hasil uji laboratorium untuk air yang keluar dari kran tersebut," ujarnya.

Air bersih siap minum tersebut, kata dia, merupakan bentuk pelayanan PDAM dan Pemkab Kudus kepada masyarakat sehingga disediakan air minum gratis.

Harapannya, lanjut Hartopo, dengan disediakannya ajungan air keran siap minum bisa mengurangi sampah plastik, terutama botol maupun gelas yang selama ini menjadi kemasan air mineral. Direktur PDAM Kudus Ayatullah Humaini menambahkan anjungan air keran siap minum rencananya akan ditambah tiga unit yang tersebar di beberapa titik strategis.

"Kami menargetkan tiga unit lainnya bisa direalisasikan tahun 2020," ujarnya.

Nilai investasi untuk setiap unit anjungan air keran siap minum, kata dia, berkisar Rp85 juta.

Air bersih siap minum yang disediakan tersebut, kata dia, merupakan air dari saluran pipa PDAM Kudus, namun di anjungan tersebut disediakan alat filterisasi sehingga air yang keluar melalui keran siap diminum.

Anjungan tersebut, katanya, memiliki kapasitas 25 liter air bersih siap diminum.

Usai diresmikan, para pejabat di lingkungan Pemkab Kudus maupun Forkompinda juga ikut mencoba air bersih siap minum yang berada di pojok Alun-alun Kudus itu. 

Baca juga: Produksi benih ikan lele di Kudus terkendala cuaca

Baca juga: Permintaan pisau pemotong hewan kurban di Kudus alami kenaikan

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019