Penumpang KA nyanyikan Indonesia Raya saat detik-detik Proklamasi

Penumpang KA nyanyikan Indonesia Raya saat detik-detik Proklamasi

Sejumlah penumpang KA Ranggajati relasi Cirebon-Banyuwangi menyanyikan Indonesia Raya di dalam kereta api ketika melintas dari Kota Yogyakarta menuju Solo guna memperingati momentum detik-detik dibacakannya Proklamasi Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2019). ANTARA/HO-PT KAI Daop 7 Madiun/aa.

Madiun (ANTARA) - Para penumpang KA Ranggajati relasi Cirebon-Banyuwangi menyanyikan Indonesia Raya di dalam kereta api ketika melintas dari Kota Yogyakarta menuju Solo saat momentum detik-detik dibacakannya Proklamasi Kemerdekaan RI.

"Menyanyikan Indonesia Raya di atas KA tidak pernah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, baru kali ini pertama kali. Aksi ini adalah spontan dari para petugas kru KA, yang kemudian disampaikan melalui pengeras suara kepada para penumpang saat menjelang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI," ujar Manager Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko kepada wartawan di Madiun, Sabtu.

Dalam aksi spontan tersebut semua penumpang diajak menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan para penumpang menyanyikannya sambil berdiri. Mereka lalu menyanyi bersama sehingga nampak suasana khidmat dalam kereta.
Baca juga: Kecamatan di Kotim gelar upacara Kemerdekaan di atas perahu

"Semua juga spontan mengikuti ajakan petugas KA. Tidak ada yang kaya ataupun miskin, dewasa ataupun anak-anak. Yang ada semangat dan gelora kemerdekaan untuk Indonesia bersatu dan maju," kata dia.

Ixfan menjelaskan dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, banyak kegiatan yang dilakukan oleh PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun. Di antaranya, menghias kantor daop setempat dengan memasang pernak-pernik atau hiasan bernuansa merah-putih, petugas stasiun juga memakai pakaian pejuang, serta pakaian adat.

Tidak hanya itu, guna menambah rasa kekompakan dan kekeluargaan, kantor Daop 7 Madiun juga telah menggelar aneka lomba khas Agustusan yang digelar di halaman daop setempat.

Di antaranya, lomba kelereng, makan kerupuk, joget berpasangan, memasukkan paku ke dalam botol serta pukul air dalam plastik dan banyak lagi.

Selain kegiatan lomba, dalam momentum HUT ke-74, PT KAI Doap 7 Madiun juga menggratiskan operasional dua rangkaian KA lokal pada Sabtu tanggal 17 Agustus 2019. Yakni KA Penataran relasi Blitar-Malang-Surabaya serta KA Dhoho relasi Blitar-Kertosono- Surabaya.
Baca juga: Lima BUMN merayakan HUT Kemerdekaan ke-74 RI di Kulon Progo

Selain itu, pada Sabtu (17/8) pagi tadi, Daop 7 Madiun juga menggelar upacara bendera yang dipimpin lansung oleh Vice President Daop 7 Madiun, Wisnu Pramudyo dan dihadiri seluruh karyawan serta karyawati setempat, sakaligus beberapa tamu undangan.

Ixfan menambahkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PT KAI Daop Madiun tersebut merupakan bukti nyata akan rasa cinta dan nasionalisme kepada tanah air.

Pihaknya juga berharap melalui kegiatan yang digelar tersebut mampu meningkatkan solidaritas dan kekompakan antar-karyawan di lingkungan Daop 7 Madiun.
Baca juga: Lomba perahu bidar HUT Kemerdekaan disaksikan ribuan warga Palembang

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden RI apresiasi pemenang Festival Gapura Cinta Negeri

Komentar