counter

Peringkat pertama PTS terbaik di Sumut disabet UMSU

Peringkat pertama PTS terbaik di Sumut disabet UMSU

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I Sumatera Utara, Prof Dian Armanto. (FOTO ANTARA/ist)

Ini merupakan prestasi luar biasa dan membanggakan Sumatera Utara. Karena UMSU adalah satu-satunya PTS yang meraih Akreditasi A di Sumatera dan kedua di luar Pulau Jawa
Medan (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menempati peringkat I dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Sumut dan berada di peringkat 75 dari 3.269 perguruan tinggi di Indonesia tahun 2019 versi Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Ya, UMSU memang PTS terbaik di Sumut sekarang ini," Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I Sumatera Utara, Prof. Dian Armanto, di Medan, Minggu.

Ia mengatakan, sudah sepantasnya UMSU dinobatkan sebagai PTS terbaik di lingkungan LLDIKTI Sumut, karena semua kriteria untuk itu sudah dipenuhi oleh UMSU.

Menurutnya ada beberapa kriteria yang dijadikan rujukan untuk menentukan peringkat performa sebuah perguruan tinggi .

Pertama, kata dia, derajat akreditasi di mana UMSU sudah meraih Akreditasi “A” untuk institusi.

“Ini merupakan prestasi luar biasa dan membanggakan Sumatera Utara. Karena UMSU adalah satu-satunya PTS yang meraih Akreditasi A di Sumatera dan kedua di luar Pulau Jawa,” katanya.

Kedua, terkait SDM dosen, yakni berapa banyak perguruan tinggi itu bergelar doktor, memiliki guru besar, dan lektor kepala.

“Untuk peningkatan kualitas dosen ini, kita melihat komitmen UMSU begitu luar biasa dan terus menunjukkan akselerasi,” katanya.

Ketiga, terkait kegiatan kemahasiswa, yakni berapa banyak mahasiswa sebuah perguruan tinggi ikut berpartisipasi dan meraih prestasi di setiap ajang kompetisi, baik di tingkat internasional, nasional, regional maupun lokal.

“Kita ketahui pembinaan kegiatan mahasiswa UMSU itu sangat serius dan terprogram dengan baik . Beberapa tahun ini UMSU banyak mencatatkan prestasi yang mengharumkan nama Sumatera Utara di berbagai bidang, mulai dari seni-budaya, olahraga dan sebagainya," katanya.

Keempat, terkait penelitian, pengabdian masyarakat dan penulisan jurnal. Untuk bidang ini, kata Dian Armanto, sesuai dengan slogannya "Unggul Cerdas Terpercaya", UMSU memang telah membuktikan diri sebagai perguruan tinggi yang unggul.

"Bahkan pihak pengelola UMSU menggelontorkan dana Rp2 miliar untuk pembiayaan riset dosennya selain yang didapatkan dari Kemenristekdikti. Ini bentuk keseriusan dari UMSU yang membuatnya menjadi terbaik di Sumut,” ujarnya.

Kelima, katanya, berhubungan dengan inovasi , yakni hasil dari penelitian yang dikembangkan . Untuk hal ini, ia  mengatakan bahwa UMSU juga memperlihatkan keseriusannya.

Namun meskipun demikian, ia berharap ke depan UMSU bisa terus mempertahankan dan meningkatkan performanya.

Tentang akreditasi, katanya, jika ingin mempertahankan ranking, tidak bisa tidak UMSU wajib menambah program studinya yang sudah terakreditasi A .

Selain itu, kata dia, juga sertifikat Akreditasi Internasional sepertinya sudah mulai dipertimbangkan oleh UMSU.

“Minimal kalau sudah pernah dua kali berturut-turut meraih akreditasi Institusi A, maka sudah layak untuk 'go international," demikian Dian Armanto.

Baca juga: UMSU raih Akreditasi A dari BAN PT

Baca juga: Mahasiswa terbaik 2019 disabet Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Sumut sabet "BI Corner" terbaik se-Indonesia

Baca juga: UMSU gandeng Pemprov Riau bentuk pusat kajian budaya Melayu

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Observatorium UMSU undang warga Medan saksikan gerhana bulan

Komentar