counter

SMN asal Kalsel gelar kampanye pengurangan sampah plastik

SMN asal Kalsel gelar kampanye pengurangan sampah plastik

Direktur Keuangan PT Jasa Raharja secara simbolis mengenakan tanda pengenal kepada peserta SMN asal Kalsel. (ANTARA/firman)

dampak negatif dari penggunaan sampah plastik, proses penguraiannya membutuhkan waktu lama
Padang (ANTARA) - Para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) asal provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar aksi kampanye pengurangan sampah plastik di Padang, Sumatera Barat.

Kegiatan yang dilaksanakan pada saat acara jalan santai yang digelar oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Padang, Minggu dilakukan dengan cara pengumpulan tanda tangan para peserta jalan santai yang dituliskan dalam spanduk besar.

"Kami ingin mengajak masyarakat Sumbar, terlibat dalam pengurangan penggunaan kantong atau sampah plastik serta ikut berperan dalam menjaga kebersihan lingkungan," kata peserta SMN Kalsel Gabriel Hamonangan.

Lebih lanjut ia mengatakan, ia bersama 22 rekan-rekannya selain pengumpulan tanda tangan peserta jalan sehat, juga berkesempatan melakukan orasi tentang bahaya penggunaan plastik baik untuk saat ini maupun untuk yang akan datang.

"Tanda tangan yang dikumpulkan itu adalah bentuk komitmen bagaimana kita secara bersama-sama terlibat dalam pengurangan sampah plastik," katanya.

Koordinator rombongan SMN asal Kalsel, Trisuci Septalia Dewi mengatakan kegiatan tersebut selain bertujuan untuk edukasi bagi masyarakat juga bertujuan menumbuhkan kesadaran bagi siswa itu sendiri tentang bahaya penggunaan sampah plastik.

"Kami ingin para siswa mengetahui lebih banyak dampak negatif dari penggunaan sampah plastik yang proses penguraiannya membutuhkan waktu lama," katanya.

Orasi peserta tentang pengurangan penggunaan sampah plastik berlanjut di pentas hiburan,

Selain memberikan penjelasan tentang program BHUN 2019, para peserta juga menjelaskan kepada masyarakat tentang kehadiran mereka di Sumbar dalam rangkaian kegiatan SMN 2019.

Selain melakukan jalan sehat dan kampanye kebersihan lingkungan di Stasiun Padang PT KAI Divisi II Regional Sumbar, peserta SMN melakukan kunjungan ke Rumah Kreatif BUMN dan kegiatan bedah buku di rumah baca tanah ombak bersama kantor berita ANTARA serta berkunjung ke Dinas Kebudayaan Sumbar untuk mendapatkan pengenalan tentang potensi budaya dan wisata Sumbar.


Baca juga: Pengetahuan bahaya narkoba juga diberikan kepada SMN Sulsel
Baca juga: SMN Sulawesi Tenggara berburu kerajinan Babel di Pesta Rakyat Timah
 

Pewarta: Laila Syafarud/Agung Pambudi
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kantor Berita ANTARA Biro Maluku berikan bantuan untuk Desa Morela

Komentar