counter

Kerahkan empat armada, kebakaran gudang di Pamekasan mampu dipadamkan

Kerahkan empat armada, kebakaran gudang di Pamekasan mampu dipadamkan

Petugas dari BPBD Pemkab Pamekasan dibantu masyarakat saat memadamkan api dalam musibah kebakaran gudang penyimpanan barang bekas di Blumbungan Pamekasan (Abd Aziz)

Api berhasil dilokalisir sekitar 20 menit setelah tim pemadam tiba di lokasi kejadian
Pamekasan (ANTARA) - Sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran akhirnya berhasil menjinakkan api yang membakar gudang penyimpanan barang di Desa Blumbungan, Pamekasan, Jawa Timur, yang terjadi, Minggu (18/8) sekitar pukul 08.00 WIB.

Keempat armada mobil pemadam itu terdiri dari 2 unit mobil pemadam kebakaran, dan 2 unit lainnya sebagai penyuplai air yakni 1 unit mobil tangki dari pihak pemadam kebakaran dan 1 unit mobil tangki dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan.

"Api berhasil dilokalisir sekitar 20 menit setelah tim pemadam tiba di lokasi kejadian," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan Budi Cahyono.

Gudang penyimpanan barang semi permanen yang terletak di sebelah timur Pasar Tradisional Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan itu diketahui terbakar oleh warga sekitar

Kejadian itu langsung diinformasikan kepada masyarakat sekitar, sehingga hanya dalam hitungan detik, warga langsung berdatangan dan berupaya membantu memadamkan kobaran api yang mulai membakar sebagian atap dan dinding gudang.

Sebagian warga lainnya, menghubungi tim pemadam kebakaran, yakni ke Bagian Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemkab Pemkab Pamekasan.

Dalam hitungan menit, sebanyak 2 unit mobil pemadam kebakaran berikut 2 unit tangki penyuplai tiba di lokasi.

Tim gabungan dari BPBD, petugas pemadam dibantu masyarakat sekitar langsung memadamkan kobaran api yang mulai membesar dan nyaris membakar bangunan rumah yang ada di sebelah gudang penyimpanan barang tersebut. Namun, berkat kekompakan tim, kobaran api berhasil dilokalisir.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran gudang penyimpanan barang milik warga bernama Jauhari (42) warga di Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan itu, namun menurut perkiraan kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

"Penyebab kebakaran masih diselidiki oleh aparat Polres Pamekasan," kata Budi Cahyono menjelaskan.

Menurut Cahyono, musibah kebakaran yang terjadi di Blumbungan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Minggu (18/8) itu merupakan yang pertama.

Selain di Blumbungan, musibah kebakaran juga terjadi di Pademawu, Pamekasan, yakni pohon bambu di dekat perkampungan warga. Namun kejadian itu tidak terlalu parah dan segera bisa diatasi oleh petugas.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar