counter

23 SMN Kalsel diajari cara masak rendang Padang

23 SMN Kalsel diajari cara masak rendang Padang

Para Peserta Siswa Mengenal Nusantara diajarkan cara memasak rendang padang di Rumah Kreatif BUMN (ANTARA Sumbar/ Agung Pambudi)

Seluruh peserta pertama kali dikenalkan dengan bumbu-bumbu dan bahan yang akan digunakan untuk memasak rendang, termasuk pemilihan jenis dan bagian daging sapi sebagai bahan utama pembuatan rendang
Padang (ANTARA) - Para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2019 asal Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diajari cara memasak rendang Padang saat mengunjungi Rumah Kreatif BUMN di Padang, Sumatera Barat.

23 peserta SMN Kalsel dan guru pendamping mendapat arahan langsung cara mengolah sejak awal daging sapi hingga menjadi rendang dari pihak sentra produksi Rendang Padang, Harti Ningsih.

Seluruh peserta pertama kali dikenalkan dengan bumbu-bumbu dan bahan yang akan digunakan untuk memasak rendang, termasuk pemilihan jenis dan bagian daging sapi sebagai bahan utama pembuatan rendang.

Kegiatan itu mendapat antusias tinggi dari seluruh peserta SMN asal Kalsel, peserta banyak menanyakan proses atau teknik khusus hingga masakan tersebut mempunyai cita rasa tinggi dan lezat.

Dalam kegiatan itu Harti Ningsih menceritakan kepada peserta bahwa memasak rendang bukan hanya sekedar membuat masakan saja, tapi ada nilai-nilai dan filosofi masyarakat minangkabau dulu pada saat memasak rendang.

Baca juga: Peserta SMN 2019 asal Riau jelajahi Malioboro

"Rendang pada waktu dulu bukan sekadar masakan biasa, tapi ini adalah masakan pemersatu bagi masyarakat, selain itu butuh kesabaran yang tinggi pada saat memasak yang membutuhkan waktu hingga empat jam," katanya.

Dalam kesempatan itu Harti juga menjelaskan kepada siswa tentang cara atau teknik mengaduk kuah hingga menjadi rendang, selain butuh kesabaran dalam memasak bisa jadi tangan terkena percikan minyak atau kuah santan panas.

Para peserta juga mendapatkan penjelasan bagaimana rendang pada saat ini bisa dinikmati dalam bentuk kemasan siap saji dan bisa dibawa untuk bekal berpergian serta untuk oleh-oleh.

"Sekarang kami juga membuat bentuk kemasan praktis, dan bahkan sudah bisa dijual keluar negeri," katanya.

Peserta SMN Kalsel Gabriel Hamonangan mengaku sangat senang bisa mencicipi langsung masakan rendang di daerah asalnya.

Baca juga: Peserta SMN Riau ikut tanam pohon kenari di Prambanan

"Rasanya beda dengan yang ada di Kalsel, disini pedasnya bikin ketagihan, bahkan proses memasaknya cukup lama" katanya.

Ia juga mengungkapkan, akan mengajak orang tuanya untuk bisa memasak rendang padang pada saat pulang ke Kalsel nanti.

"Semua bumbu, bahan serta prosesnya sudah dicatat, nanti kalau sudah pulang akan dipraktekkan dengan mama," katanya.

Pada kesempatan ini, para siswa dan pendamping diberi kesempatan untuk melakukan sesi tanya jawab dan mengenal produk-produk unggulan binaan RKB Padang. Melihat dan mencoba proses pembuatan rajutan handicraft Silvia Piobang, melihat proses canting batik tulis tanah liek Ayesha Collection.

Peserta Siswa mengenal Nusantara dari Kalimantan Selatan juga akan melakukan perjalanan ke Kota Pariaman untuk menikmati wisata edukasi konservasi penyu dan penanaman pohon mangrove.

Selanjutnya akan berkunjung ke Kota Bukittinggi untuk melihat langsung Taman Margasatwa Kinantan dan Ngarai Sianok, setelah itu seluruh peserta juga akan mendapat pemahaman tentang kerajinan pandai sikek yang merupakan ikon dari Kabupaten Tanah Datar.

Baca juga: BUMN ajak SMN Jateng keliling Kota Manado
Baca juga: SMN Jatim kunjungi obyek wisata Pulau Saronde

Pewarta: Laila Syafarud/Agung Pambudi
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kantor Berita ANTARA Biro Maluku berikan bantuan untuk Desa Morela

Komentar