Optimisme investor kemungkinan akan dibatasi menjelang keputusan AS pada Senin nanti tentang apakah akan terus membiarkan Huawei Technologies China ...
Tokyo (ANTARA) - Mata uang safe-haven seperti yen dan franc Swiss berada di bawah tekanan pada perdagangan Senin pagi, karena harapan para pembuat kebijakan akan melepaskan stimulus baru untuk meredakan kekhawatiran langsung tentang perlambatan ekonomi global.

Harapan semacam itu mendapat dukungan dari reformasi suku bunga bank sentral China selama akhir pekan, terlihat menurunkan biaya pinjaman perusahaan, dan laporan stimulus fiskal baru di Jerman.

Namun, optimisme investor kemungkinan akan dibatasi menjelang keputusan AS pada Senin nanti tentang apakah akan terus membiarkan Huawei Technologies China untuk membeli pasokan dari perusahaan-perusahaan Amerika.

"Huawei adalah ujian besar untuk melihat apakah suasana risk-on (pengambilan risiko) saat ini akan terus berlanjut di pasar mata uang," kata Takuya Kanda, manajer umum departemen penelitian di Gaitame.com Research Institute.

"Ada perasaan tenang sekarang karena kisah stimulus mendukung dolar terhadap safe-haven, tetapi saya tidak yakin berapa lama ketenangan ini akan berlangsung."

Indeks dolar AS yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, sedikit lebih tinggi di Asia menjadi 98,192, dekat dengan tertinggi dua minggu di 98,339 yang dicapai pada Jumat (16/8/2019).

Terhadap yen, dolar sedikit berubah pada 106,44 yen, dekat tertinggi satu minggu di 106,98 yen.

Yen, yang cenderung dibeli sebagai tempat berlindung yang aman selama masa ketidakpastian ekonomi, turun sedikit pada Senin versus mata uang antipodean.

Baca juga: Dolar AS di Tokyo diperdagangkan di zona paruh bawah 106 yen

Sentimen risiko dapat meningkat lebih lanjut jika pemerintah AS menawarkan beberapa konsesi kepada Huawei, yang membuat penyelesaian perang dagang menjadi lebih mungkin.

Pada Mei, pemerintah AS memasukkan daftar hitam Huawei, menuduh pembuat peralatan telekomunikasi terbesar di dunia itu melakukan spionase dan pencurian kekayaan intelektual. Tuduhan tersebut, yang diperselisihkan oleh Huawei, merupakan eskalasi serius dalam perang dagang AS-China.

Departemen Perdagangan AS diharapkan untuk memperpanjang penangguhan hukuman yang diberikan kepada Huawei Technologies yang memungkinkan perusahaan China untuk membeli pasokan dari perusahaan AS sehingga dapat melayani pelanggan yang sudah ada, dua sumber yang akrab dengan situasi tersebut mengatakan kepada Reuters, Jumat (16/8/2019).

Namun, Presiden AS Donald Trump pada Minggu (18/8/2019) mengatakan dia tidak ingin Amerika Serikat melakukan bisnis dengan Huawei China atau alasan keamanan nasional, menimbulkan keraguan atas keputusan tersebut.

Sementara itu penolakan untuk Huawei dapat dengan mudah memicu serangan penghindaran risiko lainnya, mata uang sensitif risiko tampaknya telah menemukan beberapa dukungan untuk saat ini.

Dolar Australia naik 0,2 persen menjadi 72,21 yen, sedangkan dolar Selandia Baru naik 0,1 persen menjadi 68,36 yen.

Emas, aset safe-haven lain, turun 0,3 persen di pasar spot menjadi 1.509,30 dolar AS per ounce.

Bank sentral China (PBOC) meluncurkan reformasi suku bunga utama pada Sabtu (18/8/2019) untuk membantu mengarahkan biaya pinjaman yang lebih rendah bagi perusahaan dan mendukung ekonomi yang melambat yang telah dirugikan oleh perang dagang dengan Amerika Serikat.

Rincian stimulus China datang setelah media Jerman melaporkan bahwa pemerintah Jerman mungkin terbuka untuk menjalankan defisit fiskal guna mendorong pertumbuhan.

China dan Jerman adalah dua eksportir global utama yang memainkan peran penting dalam perdagangan dunia, sehingga setiap langkah untuk meningkatkan kedua ekonomi tersebut adalah positif untuk prospek ekonomi global.
Baca juga: Yuan China terus melemah di atas level kunci 7,0 terhadap dolar AS

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019