Nakhon Pathom,  (ANTARA News) - Nial Djuliarso (27), pianis jazz asal Indonesia, didaulat menjadi juri kompetisi jazz di Thailand pada pelaksanaan "Thailand Jazz Conference 2009" yang berlangsung di Salaya, Nakhon Pathom (sekitar 1 jam perjalanan darat dari Bangkok), pada 9-11 Januari 2009.

Selain menjadi juri, di ajang konferensi tersebut Nial juga memberi pelatihan singkat tentang musik jazz serta akan tampil di panggung utama festival dengan membawa kelompok musiknya yang berbasis di New York, "Nial Djuliarso Quartet".

Selama dua hari, Nial bersama dua musisi internasional terkemuka lainnya di Asia yaitu Tiger Okoshi (Jepang) dan Eugene Pao (Hong Kong), memberi penilaian kepada sekitar 20 peserta "Thailand Jazz Conference 2009 Solo Competition".

Pihak Mahidol University sebagai penyelenggara Thailand Jazz Conference yang berupaya membuat kompetisi tersebut sebagai salah satu kompetisi dengan standar tertinggi di kawasan dengan menghadirkan musisi internasional terkemuka sebagai juri, menyediakan hadiah 50.000 Baht (sekitar 1.435 dolar AS) bagi pemenang kelompok junior dan 100.000 Baht (2.871 dolar) bagi pemenang kelompok terbuka.

Setiap peserta dari kedua kategori tersebut diwajibkan memainkan dua lagu, masing-masing dengan irama "swing" dan "non-swing".

Nial, pianis yang saat ini bermukim di New York, adalah musisi jebolan dua sekolah musik terkemuka di AS melalui beasiswa penuh, yaitu Berklee College of Music di Boston dan Juilliard di New York.

Ia telah bermain di banyak panggung terkemuka dunia seperti di Carnegie Hall-New York, Kennedy Center-Washington DC, Montreaux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival dan telah memenangi belasan kejuaraan --baik kompetisi piano jazz maupun penciptaan lagu-- di Amerika Serikat dan Eropa.

Kemenangan terbaru yang disabetnya adalah kompetisi internasional band jazz di San Francisco pada Mei 2008 bersama kelompoknya "Nial Djuliarso Quartet".

Juri lainnya, Tiger Okoshi merupakan pemain trompet senior asal AS namun kelahiran Jepang. Ia tampil bersama penyanyi dan musisi jazz legendaris seperti Tony Bennett, Gary Burton, Dave Grusin, Dave Liebman dan Pat Metheney. Di Berklee College of Music, Tiger adalah salah satu guru Nial Djuliarso.

Adapun Eugene Pao, sejak dua dasawarsa terakhir dikenal sebagai gitaris jazz nomor satu Hong Kong dan kerap melanglang buana tampil di berbagai negara.

Nial dan kelompoknya "Nial Djuliarso Quartet" yang terdiri dari Bruce Harris (terompet), Yasushi Nakamura (bass) dan Carmen Intorre (drums) akan tampil pada Minggu (11/1) malam di panggung utama Thailand Jazz Conference.

Selain Nial, pada ajang tersebut juga tampil sejumlah musisi internasionl lainnya, termasuk Ron Miles, Reginald Veal, Matt Wilson, Eric Gunnison, Tiger Okoshi, dan Eugene Pao.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009