counter

Bupati Kupang siapkan program prioritas lima tahun

Bupati Kupang siapkan program prioritas lima tahun

Bupati Kupang Korinus Masneno (kiri) bersama Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe (kanan) saat perayaan HUT Ke-47 Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2019). (ANTARA/ Benny Jahang)

Kupang (ANTARA) - Bupati Kupang, Nusa Tenggara Timur Korinus Masneno mengatakan pihaknya telah mempersiapkan lima program prioritas selama periode 2019-2024 untuk mempercepat pembangunan ekonomi masyarakat.

"Lima program yang dilakukan itu merupakan bagian penting dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang akan dijadikan rujukan dalam pembangunan di daerah ini," kata Bupati Korinus Masneno, di Oelamasi, Senin.

Korinus Masneno menegaskan hal itu terkait adanya penetapan lima program prioritas dalam kepemimpinan Bupati Korinus Masneno dan Wakil Bupati Jerry Manafe periode 2019-2024.

Ia mengatakan lima program prioritas yang dilakukan di daerah ini, pertama internalisasi fungsional yaitu pemanfaatan potensi unggulan daerah.

Menurutnya, target utama dalam pemanfaatan pembangunan unggulan daerah adalah tercapai seluruh data potensi daerah berbasis GIS (Geografic Informational System) yang dapat diakses secara elektronik dan data-data elektronik itu menjadi rujukan penentuan target pembangunan yang terarah, fokus dan akuntabel.

"Seluruh target pembangunan ditetapkan dengan basis data yang akurat. Semua output dilakukan OPD akan terevaluasi langsung oleh masyarakat, dan masyarakat bisa memberikan masukan apabila kegiatan OPD tidak tepat sasaran. Kami memberikan kesempatan terhadap masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mengawal pembangunan Kabupaten Kupang," kata Korinus Masneno.
Bupati Kupang Korinus Masneno (keenam dari kiri) bersama Muspida Kabupaten Kupang saat merayakan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI, di Oemasi, Sabtu (17/8/2019). (ANTARA/Benny Jahang)


Sedangkan fokus pembangunan kedua dilakukan adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia menuju Kupang Maju yaitu diprioritaskan pada memajukan SDM masyarakat melalui penyediaan infrastruktur dasar yang berkualitas dengan skema pembangunan inklusif, perspektif gender, dan pengentasan kemiskinan.

Mantan Wakil Bupati Kupang periode 2014-2019 ini mengatakan, fokus pembangunan ketiga adalah percepatan pembangunan ekonomi berbasis ekonomi kerakyatan menuju Kabupaten Kupang Mandiri, yaitu dengan memprioritaskan pada peningkatan produktivitas daerah yang simultan dengan meningkatnya pendapatan per kapita.

"Sektor-sektor unggulan di daerah ini akan dimaksimalkan realisasinya, sehingga mampu berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah." kata Masneno.
Baca juga: Kota Kupang bangun 1.250 rumah layak huni

Sedangkan prioritas keempat dilakukan dalam kepemimpinan Bupati Kupang Korinus Masneno dan Wakil Bupati Jerry Manafe yaitu peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah menuju Kupang Sejahtera.

Dia mengatakan, upaya dilakukan pemerintah untuk memenuhi ekspektasi layanan publik yang prima pada setiap jenjang pemerintahan.

"Kesenjangan antarwilayah dan antarmasyarakat sedapat mungkin dikurangi," ujar Korinus Masneno.

Sementara fokus pembangunan kelima yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kupang dalam lima tahun ke depan adalah pemantapan pencapaian Kupang Maju, Kupang Mandiri, Kupang Sejahtera.

"Kami akan memfokuskan pada peningkatan kinerja birokrasi yang mentalnya telah direformasi. Tidak ada lagi aparatur sipil negara yang kinerjanya di bawah standar. Buang jauh-jauh image PNS dan birokrasi sebagai tuan. ASN merupakan pelayanan yang bekerja untuk melayani masyarakat," ujar Korinus Masneno.
Baca juga: Pembangunan marina di Kota Kupang mulai 2018

Ia mengatakan, Kabupaten Kupang yang berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste membutuhkan aparatur yang berkualitas tinggi dan berkompetensi sesuai dengan kebutuhan jabatan masing-masing dalam mendukung pembangunan daerah ini.

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar