Pilar sosial bertugas turunkan kemiskinan 9 persen

Pilar sosial bertugas turunkan kemiskinan 9 persen

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (empat dari kanan) memberikan penghargaan kepada pilar sosial teladan di Jakarta, Senin (19/8/2019) (ANTARA/Desi Purnamawati)

Ini pekerjaan berat tapi kita bisa
Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pilar-pilar sosial mempunyai tugas khusus untuk ikut bersama pemerintah mencapai target penurunan kemiskinan menjadi 9 persen pada 2020.

"Tugas khusus untuk pilar-pilar sosial. Ini pekerjaan berat tapi kita bisa," kata Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara Penutupan dan pelepasan Peserta Seleksi Pilar-pilar Sosial Teladan 2019 di Jakarta, Senin.

Agus Gumiwang mengatakan, meski tugas berat upaya untuk mengurangi angka kemiskinan merupakan upaya luar biasa berat dan tidak mudah apalagi pada saat bersamaan pemerintah bisa memperbaiki gini rasio dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Baca juga: Mensos minta pilar sosial proaktif tangkal hoaks di tengah masyarakat

Karena pemerintah selalu konsisten untuk mengalokasikan anggaran yang relatif cukup dalam memberikan bantuan sosial.

Pilar sosial merupakan bagian dari masyarakat yang ikut membantu pemerintah dalam pembangunan kesejahteraan sosial. Yang termasuk dalam pilar sosial yaitu Karang Taruna, Pekerja Sosial Masyarakat, Taruna Siaga Bencana, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan dan Lembaga Kesejahteraan Sosial.

Baca juga: Pemerintah ajak pilar sosial perkuat kemitraan

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2019 angka kemiskinan turun menjadi 9,41 persen dari 9,84 persen pada September 2018.

Sementara gini rasio (tingkat ketimpangan) juga menurun dari 0,384 menjadi 0,382 atau menurun 0,002 poin.

Lebih lanjut Mensos mengatakan, ditargetkan penurunan kemiskinan mencapai 9.0 persen dan gini rasio 0,375 pada akhir 2020.

Baca juga: Mensos sebut perlu satu visi untuk perangi hoaks

"Saya ingin nanti di ujung 2020 ketika kita berhasil menurunkan angka kemiskinan, pilar sosial bisa bangga karena berkontribusi untuk itu," tambah Agus Gumiwang.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemprov NTB intervensi angka kemiskinan masa pandemi dengan program bantuan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar