counter

Pasar saham Australia dibuka menguat dengan keuntungan luas

Pasar saham Australia dibuka menguat dengan keuntungan luas

Pejalan kaki terpantul di kaca layar elektronik menunjukkan nilai tukar mata uang yen Jepang dengan dolar AS, euro, dan dolar Australia, Indeks Pasar Dow Jones dan pasar saham lainnya di depan bursa saham di Tokyo, Jepang, Selasa (6/8/2019). REUTERS/Issei Kato/djo/AWW (REUTERS/ISSEI KATO)

Perusahaan pertambangan terbesar di dunia, BHP, nyaris gagal mencapai perkiraan laba yang mendasarinya.
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia dibuka menguat pada perdagangan Selasa pagi, dengan kenaikan solid di sebagian besar sektor selain sektor material yang jatuh.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 18,30 poin atau 0,28 persen menjadi diperdagangkan pada 6.485,70 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 18,80 poin atau 0,29 persen pada 6.569,30 poin.

Musim pelaporan kinerja keuangan perusahaan berlanjut di Australia dengan hasil lemah dari penambang bijih besi negara itu menekan indeks pasar.

"Perusahaan pertambangan terbesar di dunia, BHP, nyaris gagal mencapai perkiraan laba yang mendasarinya," kata kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

"Meskipun labanya lebih dari dua kali lipat dan dividen diangkat menjadi 78 sen, sahamnya mungkin berada di bawah tekanan hari ini setelah manajemen memperkirakan bahwa biaya-biaya akan naik tahun ini."

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia beragam dengan Commonwealth Bank naik 0,45 persen, Westpac Bank turun 0,02 persen, National Australia Bank naik 0,22 persen dan ANZ turun 0,26 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar lebih rendah dengan Fortescue Metals tidak berubah, BHP turun 1,50 persen, Rio Tinto turun 0,37 persen, dan penambang emas Newcrest turun 2,53 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas terangkat dengan Oil Search naik 1,92 persen, Santos naik 1,64 persen, dan Woodside Petroleum naik 0,85 persen.

Supermarket terbesar Australia menguat dengan Coles turun 0,30 persen dan Woolworths naik 0,74 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra meningkat 0,40 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas turun 0,27 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 0,74 persen.
Baca juga: Sektor sumber daya seret pasar saham Aussie berakhir sedikit melemah

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar