BUMN Hadir

SMN Jatim antusias ikut bedah buku digelar ANTARA

SMN Jatim antusias ikut bedah buku digelar ANTARA

Sejumlah siswa mengenal nusantara asal Jatim dan guru pendamping berfoto bersama di kompleks makam pahlawan Nani Wartabone di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Selasa (20/8/2019). (ANTARA/Hence Paat)

Saya akan pulang ke Surabaya nanti untuk belajar menjadi penulis
Gorontalo (ANTARA) - Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Jawa Timur (Jatim) antusias mengikuti bedah buku dengan judul "They Are Inspiring", yang digelar Perum LKBN ANTARA, di komplek makam pahlawan nasional Gorontalo Nani Wartabone, Kabupaten Bone Bolango, Selasa.

Sejumlah siswa tampak aktif melakukan dialog dengan pembicara sekaligus penulis buku Nurhadi Taha, yang merupakan tokoh pemuda di Gorontalo, terkait dengan motivasi menulis dan mengenal tokoh-tokoh asal Gorontalo dalam kiprah hingga tingkat nasional.

Dua tokoh asal Gorontalo yang menjadi ulasan menarik dalam bedah buku itu, yakni Thayeb Mohammad Gobel, yang juga orang tua dari mantan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, serta pahlawan nasional Nani Wartabone.

Nurhadi mengupas tentang inspirasi besar Thayeb Gobel hingga sukses menjadi seorang pengusaha, ternyata sukses mengembangkan usahanya dengan mampu merekrut hingga ribuan orang sebagai buruh pekerjanya. Thayeb Gobel mendirikan Nation Gobel dan sekarang diteruskan oleh Rachmat Gobel dengan perusahaan Panasonic Gobel.

Baca juga: Peserta SMN Gorontalo antusias lihat pembuatan kereta di PT INKA

Kemudian ada pahlawan nasional Nani wartabone yang berjuang dan membakar semangat anak-anak muda Gorontalo melawan penjajahan Belanda di zaman merebut kemerdekaan RI. Bahkan kunjungan Presiden pertama RI Soekarno ke Gorontalo tahun 1950-an, langsung mengunjungi Nani wartabone.

Azis Syaputra, siswa SMK Sigi Kota Surabaya, Jatim, yang tergabung pada SMN tahun 2019 ini, mengaku apresiasi dengan bedah buku ini, mengenal inspirasi-inspirasi dari tokoh-tokoh di Gorontalo.

"Saya akan pulang ke Surabaya nanti untuk belajar menjadi penulis, banyak hal yang perlu kami tulis di sekitar kita," kata Azis.

Senada diungkapkan guru pendamping SMN dari Jatim, ibu Rina selaku pengajar SMA di Kabupaten Bondowoso, mengaku senang dengan bedah buku yang digagas ANTARA, sekaligus pelaksanaannya di kompleks makam pahlawan Nani Wartabone.

"Baru kali ini mengunjungi makam pahlawan di Gorontalo, dan tahu lebih dekat dengan kiprah inspirasinya di Gorontalo," jelasnya.

Kegiatan kunjungan SMN Jatim ke Gorontalo merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2019, dengan pelaksana Bank Mandiri, PT PPI, Jakarta Lyod dan Indonesia Re.

Baca juga: SMN Jatim kunjungi obyek wisata Pulau Saronde

Baca juga: SMN Jatim kunjungi Rumah Kreatif Gorontalo

 

Pewarta: Hence Paat
Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Askrindo salurkan bantuan komputer untuk PKBM di wilayah 3T

Komentar