counter

BUMN Hadir

SMN Sulsel berkunjung ke Museum Loka Budaya Uncen

SMN Sulsel berkunjung ke Museum Loka Budaya Uncen

Peserta SMN asal Sulsel ketika berkunjung di Museum Loka Budaya Uncen di Kota Jayapura, Papua, Selasa (20/8) (ANTARA News Papua /Alfian Rumagit)

Museum ini penuh dengan benda sangat bersejarah dan unik.
Jayapura (ANTARA) - Para peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Sulawesi Selatan (Sulsel) berkunjung ke Museum Loka Budaya Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura usai mengunjungi SMA YPPK Teruna Bakti Waena, Perumnas II, Kelurahan Yabansai, Distrik Heram, Kita Jayapura, Papua, Selasa.

Di tempat itu para peserta diperkenalkan tentang sejarah terbentuknya museum hingga koleksi yang ada di dalamnya.

Kepala Museum Loka Budaya Uncen Agus Samori didampingi staf, Soleh menerangkan dan menceritakan tentang museum yang berdiri pada 1973 itu.

"Museum ini bisa berdiri karena ada satu koleksi patung, yang namanya 'Mbis' milik Rockefeller yang akan dibawa keluar Papua, tetapi tidak bisa diangkut menggunakan pesawat sehingga dia mencari suatu lembaga yang tepat untuk merawatnya, sehingga dipilihlah museum Uncen," katanya.

Mengenai koleksi, Agus mengemukakan kurang lebih ada 2.000 jenis, dan beberapa di antaranya ada yang termakan usia karena kurang perawatan.

"Koleksi kami berupa patung dari wilayah selatan Papua yang paling mendominasi, selain ada koleksi dari daerah lainnya di Papua, seperti noken, tombak, tiga, perahu, dan lainnya," kata Agus.

Sementara itu, Hasrullah, dari SMAN 12 Marros, mengaku kagum dengan koleksi musuem tersebut, dimana terdapat benda-benda sakral Papua yang ada ditempat tersebut.

"Museum ini penuh dengan benda sangat bersejarah dan unik, bisa kita lihat di sekeliling. Ada benda yang sudah sangat lama, bahkan ada tengkorak manusia, patung, tifa, tombak, noken dan replika perahu yang digunakan untuk lintas barter," kata siswa yang bercita-cita menjadi ASN, ini.

Usai mengunjungi Museum Loka Budaya Uncen, peserta SMN asal Sulsel mengunjungi salah satu objek wisata di Kota Jayapura, yakni Bukit Jokowi yang terletak di Bukit Skyline.

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan momentum pertukaran pelajar antarprovinsi yang difasilitasi oleh perusahaan di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN).

Tahun ini di Provinsi Papua, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai BUMN PIC (koordinator) program SMN.

Siswa-siswi peserta SMN dari Papua dikirim ke Makassar, Sulawesi Selatan, dan peserta SMN Sulawesi Selatan ke Jayapura, Provinsi Papua. Kegiatan SMN 2019 akan berlangsung hingga 23 Agustus mendatang.
Baca juga: Napak tilas ke Tugu MacArthur dilakukan peserta SMN asal Sulsel
Baca juga: Peserta SMN Sulsel kunjungi wisata Pantai Hamadi Jayapura

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

New Port Makassar lakukan ekspor perdana ke Eropa

Komentar