counter

Telkomsel optimalkan 118 BTS untuk dukung Sail Nias 2019

Telkomsel optimalkan 118 BTS untuk dukung Sail Nias 2019

Direktur Network Telkomsel Iskriono Windiarjanto bersama Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memantau kesiapan jaringan Telkomsel untuk Sail Nias. (Antara Sumut/Istimewa)

Medan (ANTARA) - Telkomsel berupaya maksimal mengoptimalkan jaringan 118 BTS yang ada di Nias mendukung penyelenggaraan Sail Nias 2019 khususnya di acara puncak bulan September.

"Optimalisasi jaringan dilakukan untuk mengakomodasi tingginya kebutuhan wisatawan menggunakan layanan komunikasi selama berada di Pulau Nias pada Sail Nias 2019," ujar Direktur Network Telkomsel Iskriono Windiarjanto di Nias, Selasa.

Dia mengatakan itu seusai mendampingi Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, yang juga menjabat Ketua Panitia Nasional Sail Nias 2019 di NIas untuk melihat kesiapan acara puncak Sail Nias.

Dia menjelaskan, 118 BTS di Nias itu, masing -masing 44 BTS 2G, 22 BTS 3 G dan 52 BTS 4G.

"Kesiapan jangkauan dan kapasitas jaringan melalui BTS itu untuk memberikan layanan voice dan broadband di lokasi acara, " katanya.

Kehadiran infrastruktur telekomunikasi yang berkualitas sangat penting dalam menunjang potensi wisata suatu daerah.

Untuk itu, katanya Telkomsel telah menggelar jaringan 4G LTE berkualitas untuk mempermudah masyarakat, wisatawan dan wartawan dalam menyebarluaskan pagelaran Sail Nias itu.

"Kehadiran layanan 4G LTE di NIas dan daerah wisata lainnya merupakan wujud nyata dukungan Telkomsel dalam membangun industri pariwisata, " ujar Iskriono

Saat ini, layanan 4G Telkomsel telah menjangkau hampir 75 persen wilayah populasi Pulau Nias yang meliputi Kabupaten Nias, Nias Utara, Nias Barat, Nias Selatan, dan Kota Gunung Sitoli.

Adapun coverage 2G dan 3G sudah mencapai 95 persen wilayah populasi.

"Telkomsel terus melakukan monitoring kualitas jaringan secara rutin bahkan menyiapkan penambahan transmisi untuk memperkuat jaringan pada saat digelarnya kegiatan wisata," katanya.

Terkait potensi gangguan jaringan yang disebabkan oleh terputusnya pasokan listrik, Telkomsel, katanya, telah menyiapkan 'Mobile Genset" serta beberapa alternatif sumber daya Fuelcell dan Fluidic.

Seperti dukungan kegiatan pariwisata berskala internasional lainnya yakni Sail Wakatobi-Belitong, Sail Morotai, Sail Komodo, Sail Raja Ampat, Sail Tomini, hingga Sail Selat Karimata, maka dukungan sama juga dilakukan untuk Sail Nias.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly yang juga sebagai Ketua Panitia Nasional Sail Nias 2019 sebelumnya menyebutkan, Sail Nias dengan tema "Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Dunia" menghadirkan 18 rangkaian kegiatan dan diselenggarakan di lima kabupaten kota Kepulauan Nias.

Puncak acara akan dilaksanakan pada 14 September 2019 di Teluk Dalam Nias Selatan.


Baca juga: Pemerintah kebut perbaikan infrastruktur jelang puncak Sail Nias
Baca juga: Menkumham tinjau persiapan Bandara Binaka hadapi Sail Nias
Baca juga: Iskindo minta infrastruktur Sail Nias 2019 benar-benar dipersiapkan

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Omzet persewaan papan selancar meningkat di Nias

Komentar