counter

Teh chamomile efektif bantu tidur, benarkah?

Teh chamomile efektif bantu tidur, benarkah?

Teh chamomile (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Teh chamomile diklaim sejumlah pihak dapat membantu seseorang untuk dapat tidur malam dengan cepat jika diminum jelang waktu istirahat.

Namun, benarkah teh chamomile punya kemampuan seampuh itu? Para peneliti masih terus mempelajari kebenaran klaim tersebut.

"Sangat sedikit penelitian yang menganalisis efek teh chamomile. Untuk insomnia, ada sedikit manfaat," kata seorang pengajar di Harvard Medical School Erik Zhou seperti dilansir Medical Daily dikutip Selasa.

Baca juga: Ini 9 cara agar tidur lebih nyenyak

Sebuah studi pada 2011, menurut Zhou, menunjukkan tidak ada bukti konklusif bahwa teh chamomile membantu seseorang dengan kondisi insomnia kronis.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan pada 2016 menunjukkan para ibu yang baru melahirkan dapat tidur lebih baik setelah minum teh itu selama dua minggu.

Para ibu itu juga mengalami lebih sedikit gejala depresi dibanding ibu-ibu yang tidak meminumnya.

Baca juga: Mahasiswa UMS olah putri malu jadi obat insomnia

Lalu, studi pada 2017 juga memperlihatkan hasil serupa, bahwa orang tua yang minum teh chamomile tidur lebih baik.

Para peneliti lantas tidak dapat membuat kesimpulan pasti tentang efek teh chamomile karena hasil-hasil studi yang kontras itu.

Begitupula, tidak ada konklusi yang menunjukkan bahwa minum teh itu berbahaya bagi tubuh. Para peneliti lantas sangat mendorong orang-orang untuk meminumnya, terutama jika memberikan efek plasebo.

Baca juga: Jenis teh yang cocok untuk masalah kesehatan

Penerjemah: Heppy Ratna Sari
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar