Wiranto akan berangkat ke Papua

Wiranto akan berangkat ke Papua

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto saat memberikan keterangan pers di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (21/8/2019). (Antarafoto/Syaiful Hakim)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto menegaskan, pihaknya akan berangkat ke Papua untuk memantau situasi terkini secara langsung pasca-kericuhan.

"Saya akan berangkat malam ini ke Papua," singkat Wiranto usai Rapat Koordinasi Tingkat Menteri yang membahas Persiapan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu.

Wiranto tidak menjelaskan situasi terkini di Papua, pasca-terjadi kericuhan di Timika dan Fakfak pada Rabu.

"Hari ini kita membahas soal kebakaran hutan. Soal Papua, saya malam ini berangkat kesana," tuturnya.

Sebelumnya, Wiranto mengatakan situasi keamanan di Papua pasca-kericuhan sudah mulai kondusif.

"Tapi intinya perkembangan seluruh daerah cukup kondusif. Tensinya menurun. Jadi aman terkendali," kata Wiranto di Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (20/8).

Namun, lanjut dia, memang perlu penambahan pasukan untuk lebih meyakinkan pengamanan obyek-obyek vital yang ada di Papua dan Papua Barat.

"Penambahan pasukan itu akan didatangkan dari daerah lain di luar Papua dan Papua Barat," kata Wiranto.

Ia menambahkan, dari peristiwa tersebut pemerintah akan melakukan perbaikan terkait sistem pengiriman mahasiswa di daerah, semisal asrama dan pembinaan.

"Diperlukan langkah-langkah yang lebih komprehensif dari berbagai kementerian dalam memberikan pendidikan bagi mahasiswa, terutama yang berasal dari Papua dan Papua Barat, agar nantinya bisa berhasil dengan baik," ucapnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Bom Medan pintu masuk berantas jaringan terorisme

Komentar