counter

Tour de Indonesia 2019

Culey juara, lewati garis finis sambil berjoget

Culey juara, lewati garis finis sambil berjoget

Pebalap sepeda Marcus Culey dari Team Sapura Cycling menari di atas sepeda sebelum memasuki garis finish etape ketiga Tour de Indonesia 2019 di Jember, Jawa Timur, Rabu (21/8/2019). Marcus Culey menjuarai etape ketiga sejauh 193 Km yang dimulai dari Kota Batu menuju Jember, Jawa Timur dengan catatan waktu 4 jam 15 menit 35 detik. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Jember (ANTARA) - Marcus Culey dari Team Sapura Cycling Malaysia melejit sendirian di antara sembilan pebalap dalam 200 meter terakhir untuk melewati garis finis sambil berjoged guna memastikan diri sebagai juara etape ketiga Tour d'Indonesia 2019, Rabu.

Culey mencatatkan waktu 4 jam, 15 menit, dan 35 detik. Pebalap berkebangsaan Australia ini unggul hingga 32 detik dari tiga pebalap di belakangnya yang melewati finis nyaris bersamaan, yakni Rohan Duplooy (Protouch Afrika Selatan), Yudai Arashiro (Kinan Cycling Team), dan Dylan Mckenna (X-Speed United).

Culey tampil begitu percaya diri saat melewati garis finis. Ia sempat berjoget di atas sepeda yang disambut tepuk tangan penonton yang memenuhi kedua sisi jalan.

"Joged? Ya tadi spontan saja. Semacam selebrasi karena saya senang. Mudah-mudahan penonton pun senang," kata pria Australia yang sudah sering mengikuti balap sepeda di Indonesia ini.

Culey mengaku memang sudah mengincar gelar juara etape ketiga ini mengingat medannya yang mendatar, sesuai dengan karakternya sebagai sprinter.

"Memang banyak sprinter bagus di sini. Tadi strategi saya berusaha break secepatnya," kata pemilik rangking 517 UCI itu.

Rombongan para pebalap pada etape ketiga sepanjang 193 km dari Kota Batu menuju Jember itu mulai terbagi menjadi beberapa peleton pada kilometer 120.

Baca juga: Dimulai dari Malang, pebalap tempuh etape terpanjang

Sebelumnya, dua pebalap, yakni Dealton Prayogo (timnas Indonesia) dan Maral-Erdene Batmunkh (TSG) ,tercecer karena terjatuh di sekitar Lawang atau sekitar 30 menit lomba.

Pada kilometer 160, sembilan pebalap melaju di depan, yakni Culey (TSC), Duplooy (Protouch Afrika Selatan), Yudai Arashiro (Kinan Cycling Team), Dylan Mckenna (X-Speed United), Angus Lyons (Oliver's Real Food), Sarawut Sirironnachai (Thailand Continental Cycling Team), Jay Dutton (St George Continental Cycling Team), serta dua pebalap Indonesia Abdul Soleh (KFC Cycling Team) dan Andreas Odie Purnama Setiawan (PGN Road Cycling Team).

Kesembilan pebalap berada dalam satu peleton hingga 300 km menjelang finis.

Pada penghujung lomba, Culey menbuktikan diri sebagai sprinter tangguh dengan melewati garis finis yang pertama.

Sementara itu Abdul Soleh finis urutan ketujuh dengan catatan waktu 4:17:14, sekaligus memenangi kategori pebalap Indonesia tercepat

Urutan kedua untuk kategori Indonesia diduduki Odie Purnomo dan posisi ketiga dikuasai Jamaludin Novardianto.

Baca juga: Jeroen Meijers juara etape dua usai menangi adu sprint

Pemenang etape ketiga

Kategori umum
1. Marcus Culey (Team Sapura Cycling)
2. Rohan Duplooy (Protouch)
3. Yudai Arashiro (Kinan Cycling Team)

Kategori Asia
1. Yudai Arashiro
2. Sarawut Sirironnachai
3. Abdul Soleh

Kategori Indonesia
1. Abdul Soleh
2. Odie Purnomo
3. Jamalidin Novardianto

Baca juga: Angus Lyons juara etape pertama
 

Ratusan pembalap Tour de Indonesia ikuti start etape kedua di Madiun

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar