Jakarta (ANTARA) - Dua bintang NBA Marc Gasol dan Ricky Rubio memimpin roster akhir tim nasional bola basket Spanyol untuk putaran final Piala Dunia FIBA 2019 di China yang berlangsung mulai 31 Agustus.

Pelatih kepala Sergio Scariolo mengumumkan Jaime Fernandez dan Ilimane Diop menjadi dua nama terakhir yang dicoret dari roster akhir timnas Spanyol, demikian lansiran laman resmi federasi bola basket Spanyol FEB, Rabu.
Rubio yang kini membela Phoenix Suns bakal melakoni penampilan ketiga beruntun dalam putaran final Piala Dunia FIBA.

Sedangkan Gasol, yang juga menjadi bagian Spanyol kala menjadi juara di Jepang pada 2006, bakal tampil di Piala Dunia FIBA empat edisi beruntun.

Baca juga: Marc Gasol masih lapar gelar juara, di China ia ingin memuaskannya

Baca juga: Gasol waspadai sentuhan magis Nick Nurse bersama Kanada


Jika berjaya di China nanti, Gasol akan membuat 2019 jadi tahun sarat prestasi baginya mengingat ia juga baru saja meraih trofi NBA bersama Toronto Raptors.

Dua penggawa NBA lainnya, yakni Hernangomez bersaudara, Juancho (Denver Nuggets) dan Willy (Charlotte Hornets), juga dipercaya Scariolo untuk membantu kiprah Spanyol di China nanti.

Spanyol akan berangkat lebih awal ke China dan terlibat dalam turnamen pemanasan pamungkas jelang Piala Dunia FIBA di Ningbo pada 24-29 Agustus.

Pasukan La Roja selanjutnya akan berlaga di Grup C bersama Iran, Puerto Rico serta Tunisia dan akan memainkan laga penyisihan grup di Guangzhou.

Tunisia bakal jadi lawan pertama Spanyol pada 31 Agustus 2019, sebelum menghadapi Puerto Rico dan Iran tiap dua hari berselang.

Jika mampu menempati dua posisi teratas, Spanyol akan melaju ke putaran kedua di Grup J menghadapi dua tim yang lolos dari Grup D yang berisikan Angola, Filipina, Italia,
dan Serbia.

Baca juga: Fan Australia kecewa tim AS minim superstar NBA

Berikut daftar roster akhir Spanyol untuk Piala Dunia FIBA 2019:

1 - Quino Colom (guard), 5 - Rudy Fernandez (forward), 8 - Pau Ribas (guard), 9 - Ricky Rubio (guard), 10 - Victor Claver (forward), 13 - Marc Gasol (center), 14 - Willy Hernangomez (center), 18 - Pierre Oriola (forward/center), 22 - Xavi Rabaseda (guard/forward), 23 - Sergio Llull (guard), 33 - Javier Beiran (forward), 41 - Juancho Hernangomez (forward)

Baca juga: P.J. Tucker juga absen pada Piala Dunia basket

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019