counter

SMN Sulsel akan berbagi pengalaman kepada rekannya di sekolah

SMN Sulsel akan berbagi pengalaman kepada rekannya di sekolah

Sejumlah peserta SMN 2019 asal Sulawesi Selatan berpose bersama di Wutung, Papua New Guinea, Senin (19/8/2019). ANTARA/Alfian Rumagit/aa.

Saya akan ceritakan perjalanan dan kegiatan kami di Papua kepada kepala sekolah, guru, orang tua, saudara dan teman-teman
Jayapura (ANTARA) - Para peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 yang digagas oleh Kementrian BUMN asal Sulawesi Selatan (Sulsel) berjanji akan bercerita tentang pengalaman mereka ketika berkunjung ke Kota dan Kabupaten di Provinsi Papua selama sepekan.

"Iya, tentunya pengalaman saya dan teman-teman SMN asal Sulsel akan kami ceritakan kepada rekan-rekan kami di sekolah," kata salah seorang peseta SMN Sulsel, Sugiharto Talenten dari SMAN 5 Luwu Utara, Kabupaten Luwu Utara saat berada di Kota Jayapura, Papua, Kamis.

Menurut dia, berbagai kegiatan dan kunjungan di sejumlah lokasi di kota dan Kabupaten Jayapura sangat menarik dan menjadikan hal itu pengalaman berharga baginya dan teman-teman SMN 2019 asal Sulsel, apalagi bisa ke luar negeri, Wutung, Papua New Giunea tanpa mengeluarkan sepeser duit pun berkat BUMN Hadir Untuk Negeri.

"Saya akan ceritakan perjalanan dan kegiatan kami di Papua kepada kepala sekolah, guru, orang tua, saudara dan teman-teman di kampung tentang budaya dan keindahan alam Papua, apalagi orang-orangnya di sini sangat bersahabat ," jelas siswa kelas XII IPS 1.

Baca juga: Peserta SMN Sulsel berkeliling di laut Teluk Youtefa

Sugiharto yang bercita-cita jadi pramugara itu juga memuji keberagaman dan Kebhinekaan di Papua, yang menunjukkan rupa Indonesia mini ada di Bumi Cenderawasih.

"Warga Papua sangat bersahabat dan menghormati sesamanya," kata dia.

Senada itu, peserta SMN lainnya  Abdul Fadhil S dari SMAN 1 Sidrap Kabupaten Sidrap dan Imel Ayudia dari SMAN 3 Luwu, Kabupaten Luwu menilai bahwa warga yang ada di Bumi Cenderawasih sangat ramah kepada warga yang datang berkunjung ke Papua.

"Sangat ramah dan menghormati kami yang datang kesini. Ini merupakan contoh keberagaman dan menerima dengan baik orang yang datang ke daerahnya," kata Abdul diamani Imel.

Baca juga: Peserta SMN Sulsel belajar melukis di kulit kayu

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan momentum pertukaran pelajar antarprovinsi yang difasilitasi oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

Tahun ini di Provinsi Papua, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai BUMN PIC (koordinator) program SMN.

Siswa-siswi peserta SMN dari Papua dikirim ke Makassar, Sulawesi Selatan, dan peserta SMN Sulawesi Selatan ke Jayapura, Provinsi Papua. Kegiatan SMN 2019 akan berlangsung hingga 23 Agustus 2019.

Baca juga: SMN Sulsel ikut menari Yospan di SMA YPPK Teruna Bakti Waena

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Peserta SMN Sulsel diperkenalkan tradisi bakar batu di Papua

Komentar