counter

Catur

Karpov gagal ke AS karena belum dapat visa

Karpov gagal ke AS karena belum dapat visa

FILE PHOTO: Russian chess grandmaster and former world champion Anatoly Karpov (L) takes part in simultaneous chess games with Henry Arauz, 6, at the presidential palace in La Paz, June 23, 2010. . REUTERS/David Mercado/File Photo (REUTERS/David Mercado)

Jakarta (ANTARA) - Legenda catur Rusia Anatoly Karpov gagal masuk ke Amerika Serikat karena tidak mendapat visa untuk masuk ke negara tersebut meski sudah menunggu berbulan-bulan, kata seorang temannya yang juga pemilik sekolah catur di New York, Rabu (Kamis pagi WIB).

Karpov mengajukan visa non-imigran pada Maret lalu, dan sampai  sekarang kita masih menunggu persetujuan," kata Maxim Dluggy dari sekolah catur Chess Max Academy, seperti dikutip Reuters.

Karpov yang kini berusia 68 tahun, merupakan salah satu pecatur top dunia. Sejak 1972 ia sering datang ke Amerika Serikat.

"Ia tiba-tiba ditelpon untuk wawancara di kedutaan besar AS di Moskow, dan ditanya apa anda akan berbicara dengan senator atau anggota kongres AS? Kami harus mengecek itu," kata Dlugy.

Anggota Perwakilan AS Carolyn Maloney dan senator Chuck Schumer keduanya mengontak kedutaan AS di Moskow terkait visa Karpov, dan mereka dikabarkan bahwa permohonan visa tersebut masih diproses.

"Tuan Karpov akan mendapat pemberitahuan segera setelah prosesnya selesai. Dipastikan hari ini tidak ada dokumen atau hal lain yang diperlukan dari tuan Karpov," demikian pernyataan pihak kedutaan.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Noel Clay kepada Reuters mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa menjawab pertanyaan terkait status visa Karpov karena merupakan kerahasiaan berdasarkan undang undang federal.

Karpov menyandang juara dunia catur pada 1975 hingga 1985, setelah dikalahkan oleh Gary Kasparov.




 

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

BMKG ingatkan waspadai cuaca ekstrem di Kalteng

Komentar