Jakarta (ANTARA) - Pebalap Ducati Andrea Dovizioso, setelah meraih kemenangan di GP Austria, akan mencoba mengejar ketertinggalan poin dari Marc Marquez (Repsol Honda) ketika balapan MotoGP tiba di Sirkuit Silverstone akhir pekan ini.

Balapan GP Inggris tahun lalu dibatalkan karena genangan air di trek namun prakiraan cuaca menyebutkan langit di atas Silverstone akan cerah ketika balapan digelar di trek yang didominasi oleh Ducati dan Yamaha belakangan ini.

Dovizioso sadar jika juara dunia lima kali Marc Marquez dan Honda akan mencoba bangkit usai kehilangan trofi juara dalam duel klasik dengan sang pebalap Ducati di GP Austria.

"Walau pun karakter dari trek Inggris ini tak terlalu bersahabat bagi kami seperti Brno dan Spielberg, kami telah menunjukkan jika kami juga bisa cepat di Silverstone, seperti pada 2017 ketika kami memenangi lomba," kata Dovizioso seperti dikutip AFP, Kamis.

Dengan delapan balapan tersisa musim ini, Dovizioso kini terpaut 58 poin dari Marquez, yang pernah menang di Silverstone pada 2014.

Baca juga: Lorenzo siap beraksi di SIlverstone pasca cedera

Baca juga: Dovizioso beberkan kunci kemenangan atas Marquez di Austria
 

Namun, performa Marquez yang sedang panas-panasnya musim ini, dengan mengemas finis runner-up atau lebih baik di semua balapan, kecuali GP Amerika Serikat, menjadikan pebalap asal Spanyol itu sebagai salah satu yang difavoritkan menjadi juara.

Rekan satu tim Marquez, Jorge Lorenzo akan kembali memperkuat Honda setelah absen sejak seri kedelapan di Assen karena cedera tulang belakang. Lorenzo pernah menang tiga kali di Silverstone pada 2010, 2012, dan 2013 dan meraih pole position tahun lalu.

Ancaman lain datang dari kubu Yamaha yaitu Maverick Vinales, yang meraih kemenangan pertama dalam kariernya di Silverstone pada 2016.

Vinales yakin jika permukaan trek Silverstone yang telah diaspal ulang tahun ini akan menguntungkan Yamaha.

"Di Silverstone aku mendapat kemenangan pertamaku di MotoGP, jadi aku memiliki kenangan bagus di sini. Aku kira ini adalah trek yang bisa bersahabat dengan motor kami dan kami bisa kompetitif juga karena aspal yang baru," kata Vinales seperti dikutip di laman resmi tim.

Baca juga: Yamaha kompetitif di Austria, kata Rossi

Baca juga: Pebalap ungkap kesan pertama jajal calon trek GP Finlandia

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019