Makassar (ANTARA) - Maskapai penerbangan Garuda dengan nomor penerbangan GA 1206 yang membawa jamaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 6 tiba lebih awal yakni 05.51 Wita daripada yang dijadwalkan 06.15 Wita.

"Jamaah haji Kloter 6 yang didominasi asal Kabupaten Bulukumba, Sulsel ini lebih cepat sejam tiba di Makassar," kata Sekretaris PPIH Embarkasi Debarkasi Haji Makassar H Muhammad Nasir di Makassar, Kamis.

Jamaah haji Kloter 6 ini tercatat 434 orang jamaah haji asal Kabupaten Bulukumba dan sebanyak 16 orang jamaah haji asal Kota Makassar sehingga totoalnya 450 orang ditambah dengan lima orang petugas kloter.

Penerimaan jamaah haji tersebut dilakukan di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makasar dan semua pihak menyatakan kesyukurannya karena Kloter 6 ini kembali dengan jumlah yang utuh dan sehat walafiat.

"Saya yakin hal ini tidak lepas dari keberkahan dan kebersamaan yang baik antara jamaah dan petugas kloternya," kata Nasir.

Baca juga: Bupati Gowa terima kedatangan jamaah haji Kloter 5

Sementara itu, Wakil Bupati Bulukumba H Tomy Satria yang menerima secara resmi warganya mengatakan, atas nama Pemda Bulukumba menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang sudah membantu kelancaran proses ibadah haji ini.

"Pemandangan hari ini merupakan jawaban atas doa keluarga, masyarakat Bulukumba dan Kota Makassar 40 hari yg lalu saat berangkat, karena seluruh jemaah kembali utuh dan dalam kondisi sehat sehat," katanya.

Dia berpesan pada seluruh jamaah haji agar gelar Haji dan Hajjah yang baru saja disandang, jangan sekedar mengedepankan aspek simbolik haji baik gelar, status sosial, cara berpakaian misalnya tanpa mengutamakan substansinya, yakni peningkatan dan perubahan prilaku pribadi dan sosial.

Alasannya, karena letak kemabruran haji itu ada pada peningkatan kesalehan yang tampak dalam kehidupan sehari-hari.

Wakil Bupati ini juga menyatakan bahwa dengan bertambahnya jumlah masyarakat yang sudah berhaji, harusnya Semakin banyak orang saleh, orang yang bisa diteladani dan akhirnya dapat membuat pengaruh positif yang lebih besar di daerahnya.

Pada acara Penerimaan Secara Resmi di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Ketua Kloter 6 H Muhammad Asdaq mewakili 455 orang jamaah kloter ini menyerahkan sumbangan yang diperuntukkan untuk pembangunan Masjid Asrama Haji kepada PPIH yang diwakili H Burhanuddin sebanyak 490 Real atau senilai Rp6.030.000.

Baca juga: Jamaah haji kloter 06 Debarkasi Hasanuddin Makassar tiba pagi

Baca juga: Kesehatan jamaah haji dipantau hingga dua pekan sejak kedatangan


 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019