Tanjungpinang (ANTARA) (ANTARA) - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) melalui anak usahanya PT Indojaya Agrinusa (Indojaya) meresmikan fasilitas penetasan telur ayam (Hatchery) di Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau dengan total nilai investasi sekitar Rp50 miliar.

Vice President, Head of Feed Operation Unit Medan dan Padang, Anwar Tandiono mengatakan, fasilitas Hatchery yang berdiri di atas lahan seluas 38.000 m2 ini dibangun sejak tahun 2018, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik yang terus meningkat, khususnya di wilayah Kepulauan Riau.

"Nantinya ayam broiler yang dihasilkan akan didistribusikan kepada peternak di wilayah Tanjungpinang, Batam, Tanjung Batu, dan Tanjung Balai Karimun," kata Anwar Tandiono saat meresmikan fasilitas penetasan telur ayam (hatchery), Kamis (22/8).

Menurut Anwar, fasilitas Hatchery yang dibangun tersebut merupakan wujud komitmen JAPFA untuk dapat membantu peternak lokal dalam menyediakan anak ayam broiler yang berkualitas dan mendukung kemandirian pangan khususnya dalam penyedian pasokan protein hewani bagi masyarakat.

"Fasilitas ini merupakan cerminan dari kontribusi kami untuk terus tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia sesuai dengan visi perusahaan, Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama," ungkapnya.

Dia juga menyampaikan bahwa fasilitas Hatchery ini menyerap lebih dari 80 persen tenaga kerja lokal.

"Di JAPFA kami tidak hanya memberikan dukungan kepada pemerintah melalui penyediaan pasokan protein hewani yang berkualitas dengan harga terjangkau, namun kami juga mendukung pemberdayaan masyarakat melalui penyediaan lapangan pekerjaan," ucapnya.

Dalam mendukung pemerintah mewujudkan kemandirian pangan, lanjutnya, JAPFA telah banyak melakukan kegiatan yang merangkul peternak lokal.

Secara konsisten JAPFA terus melakukan berbagai pengembangan dan terobosan dalam bidang teknologi peternak.

"JAPFA kemudian memberikan pendampingan kepada mitra- mitra peternak agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas," sebutnya.

PT Indojaya Agrinusa merupakan salah satu anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk yang bergerak dalam bidang agribisnis, dengan memiliki lini kegiatan produksi pakan ternak, pembibitan ayam dan Kemitraan budidaya ayam broiler (pegading) serta budidaya perairan.

Dalam menjalankan operasinya Indojaya melakukan kegiatan produksi yang ramah lingkungan dan kepedulian terhadap pengembangan masyarakat.

Baca juga: Japfa motori pembentukan usaha rakyat di Lampung Tengah

Baca juga: Japfa kembali raih Social Innovation Awards untuk bisnis berkelanjutan

Pewarta: Ogen
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019