Kami satu-satunya perusahaan di Asia Tenggara yang diakui secara global ini dalam daftar itu, untuk kedua kalinya
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi penyedia layanan sesuai permintaan bergerak (mobile on demand) dan pembayaran digital dalam negeri, Gojek, kembali masuk dalam daftar tahunan perusahaan yang dinilai berhasil mengubah dunia versi Majalah Fortune atau Fortune’s "Change The World" Tahun 2019.

"Benar, kami masuk melalui inovasi GoPay yang dinilai telah mentransformasi percepatan inklusi finansial dan ekonomi digital di Indonesia," kata CEO Global dan Pendiri Gojek Nadiem Makarim dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan, pada tahun ini pihaknya menempati peringkat ke-11 dari total 52 organisasi internasional yang masuk dalam daftar tersebut, melompat dari peringkat ke-17 pada 2017.

"Kami satu-satunya perusahaan di Asia Tenggara yang diakui secara global ini dalam daftar itu, untuk kedua kalinya," katanya pula.
Baca juga: Gojek pastikan tetap fokus pada kesejahteraan mitra

Penghargaan berskala global ini, kata Nadiem, menyorot peranan GoPay sebagai penyedia pembayaran digital Gojek karena dinilai telah berhasil mendorong perekonomian digital Indonesia dengan memperluas akses finansial bagi jutaan masyarakat Indonesia.
Baca juga: Anggota DPR anjurkan pemerintah gandeng Gojek manfaatkan data raksasa

Dikutip dari keterangan resmi Fortune, pada 2018, total pembelian produk dan jasa via GoPay mencapai lebih dari enam miliar dolar AS, termasuk telah memberikan bantuan serta fasilitas pinjaman bagi sekitar 130.000 pengusaha mikro.

CEO GoPay Aldi Haryopratomo juga menyebutkan, hingga saat ini pihaknya telah menjadi penyedia pembayaran digital terbesar di Indonesia dan 90 persen dari rekan usahanya merupakan pedagang kecil.

Pewarta: Edy Sujatmiko
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019